Leave a comment

Kentang

Image

 

Kentang atau Potato (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu jika umbi ini merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis.

Kentang adalah sumber karbohidrat. Ia juga kaya mineral dan vitamin. Khasiat dari kentang antara lain adalah mencegah kanker, pengobatan asam urat, ginjal, sistem lambung dan jantung, untuk kesehatan lever, jaringan otot, untuk proses peremajaan kulit.

Di dalam kentang ini terkandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebagaimana kita ketahui, antioksidan sangat baik bagi kesehatan jantung. Dan mampu melindungi tubuh dari bakteri jahat.

Kulit kentang menyimpan banyak nutrisi dan juga mengandung banyak serat, yang sangat penting untuk diet yang sehat. Membiarkan kulit pada kentang juga membantu menjaga nutrisi dalam daging dari kentang, yang memiliki kecenderungan untuk melarikan diri selama memasak.

Bagaimana cara memilih dan menyimpan kentang yang benar ?

Memilih kentang mudah saja. Pilih yang masih keras dan mulus kulitnya, tidak banyak matanya. Hindari yang bernoda kehijauan karena itu indikasi kentang mengandung solanin dan kadang pahit rasanya.

Untuk penyimpanan tidak dianjurkan menyimpan kentang di kulkas. Letakkan saja di tempat kering dan sejuk. Jangan mencuci kentang kalau akan disimpan. Dengan teknik penyimpanan yang benar, kentang akan tahan hingga 3 bulan

Kandungan nutrisi kentang:

Banyaknya Kentang (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kentang yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg

Khasiat kentang dan manfaat kentang bagi kesehatan:

1. Kaya serat
Kentang merupakanan salah satu makanan yang kaya akan serat sehingga sering disarankan bagi orang-orang yang memiliki badan kurus dan ingin menambah berat badan tanpa membuat anda gemuk. Dan sebaliknya, kentang juga bisa digunakan sebagai pengukur kalori yang akan anda buang ketika Anda sedang merencanakan program diet.

2. Anti kanker
Karena banyak mengandung serat, kentang sangat ramah dengan sistem pencernaan sehingga mencegah masalah terjadi pada bagian sistem pencernaan. Kentang juga membantu dalam mengurangi risiko kanker dan penelitian juga mendapatkan jika kentang dapat melawan kanker dengan baik.

3. Baik untuk penderita diabetes
Penderita diabetes sangat butuh akan kadar gula darah. Kentang merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan dari penelitian yang sudah dilakukan tidak terdapat efek samping terhadap penderita diabetes. Tapi bagi anda penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi kentang secara berlebihan. Meski adanya kandungan serat di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh.

4. Untuk perawatan kulit
Kentang banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh terutama kulit wajah. Menggosok jus kentang atau digunakan sebagai masker pada bagian wajah membuat wajah Anda cantik dan bersinar. Jika irisan kentang ditempelkan pada kamata selama kurang lebih 30 menit dapat berkhasiat menghilangkan pembengkakan dan lingkaran gelap di bawah mata.

5. Baik untuk fungsi otak
Kentang dapat mendukung kesehatan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kentang merupakan sumber zat besi dan zink yang juga baik untuk otak.

6. Mengurangi peradangan
Jika Anda sedang mengalami peradangan baik radang bagian dalam atau luar ambillah kentang untuk dimakan. Kentang mempunyai tekstur yang halus dan lembut sehingga mudah dicerna dan dapat mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga dapat mengurangi peradangan bagian luar dengan cara menggosoknya.

7. Kentang juga baik untuk penderita bisul di mulut.

8. Mengatasi memar
Jus kentang dapat membantu mengobati memar, luka bakar, dan keseleo sehingga sembuh lebih cepat.

9. Kentang  juga dapat melawan kanker prostat dan rahim serta melawan  tumor.

10. Membantu mengatasi batu ginjal
Manfaat kentang selanjutnya adalah mencegah batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebisa mungkin harus menghindari makanan berprotein tinggi, khususnya protein hewani seperti daging, ikan, bayam, dll. Kentang sangat kaya magnesium yang dapat menjegah pengendapan kalsium (pengapuran) pada ginjal dan jaringan lain, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal

11. Mengatasi stres
Kentang kaya akan vitamin B6, zat yang diperlukan dalam pembaharuan sel dalam menghilangkan stres pikiran dan tubuh. Kentang membantu hormon adrenalin merespon stres dan membuat pikiran menjadi tenang kembali.

12. Kentang Baik untuk Berat badan
Kentang kaya akan karbohidrat dan kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat.

13. Rematik

Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.

14. Tekanan Darah Tinggi
Kentang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena di dalamnya terdapat banyak vitamin C dan B.

15. Penyakit Jantung
Selain kandungan vitamin, mineral, dan serat kentang juga mengandung zat yang disebut Karotenoid  yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan organ internal lainnya. Tetapi sebagai peringatan untuk anda yang menderita obesitas dan diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi kentang secara berlebihan karena banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

16. Mengatasi Tukak dan Radang Lambung

Tidak hanya sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh, kentang juga dapat meringankan radang perut. Hal ini menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Manchester University.

Mereka menemukan bahwa molekul antibakteri dalam kentang dapat mengatasi masalah radang perut. Selain itu, vitamin C, vitamin B, dan kalium dalam kentang, sangat cepat mengatasi peradangan, baik secara internal maupun eksternal, serta peradangan pada usus dan sistem pencernaan.

Para peneliti juga menyarankan jus kentang sebagai suplemen harian untuk tubuh. Dari sifat-sifat kentang, para ilmuwan kemudian mengembangkan obat dengan bahan kentang, yang bebas dari efek samping. Selain itu, akan ada produk yoghurt kentang sebagai minuman probiotik yang akan dipasarkan nanti.

Gagasan itu dipicu ketika para ilmuwan punya satu resep kentang konvensional untuk menyembuhkan masalah perut. Ia kemudian membeli sekantong kentang untuk diteliti lebih lanjut. “Ketika saya mendengar bahwa kentang dapat digunakan untuk mengobati bisul, saya agak ragu. Tapi saya terkejut, ternyata produk botani mempunyai banyak senyawa yang sangat menarik. Dan saya harus mengupas satu per satu untuk suatu penemuan baru,” kata Ian Roberts, profesor mikrobiologi di Fakultas Biologi, seperti dikutip oleh DailyMail.

Mereka juga menemukan jus kentang sebagai tindakan preventif untuk menghentikan peradangan lambung. Mereka juga merekomendasikan jus kentang untuk gaya hidup sehat baru.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: