2 Comments

Ikan Lele

Image

Sebagian penduduk Indonesia pasti mengenal ikan lele, karena memang banyak dijumpai dan sangat lezat untuk dikonsumsi. Jangan anggap remeh ikan lele. Karena Ikan Lele selain mudah didapat dan memiliki harga murah serta lezat rasanya dan sangat padat gizi yg sangat diperlukan dalam tubuh manusia disamping dapat membantu pertumbuhan janin bagi inu hamil, pertumbuhan balita serta sangat baik bagi kesehatan jantung karena rendah lemak. Ikan lele (Clarias spp) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat kritis, seperti rawa, sungai, sawah, bahkan ditempat berlumpur yang kekurangan oksigen. Ikan lele termasuk dalam famili Claridae dan sering juga disebut mud fish atau cat fish.

Di Indonesia, ikan lele dikenal dengan beberapa nama daerah, seperti ikan maut (Sumatera Utara dan Aceh), keling (Sulawesi Selatan), dan cepi (Bugis). Penyebaran lele di Indonesia meliputi Jawa, Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan, Singkep, dan Sulawesi. Di Indonesia, terdapat lima jenis ikan lele lokal yang sangat terkenal, yakni Clarias batrachus L (lele, kalang, maut, cepi), Clarias leiacanthus Blkr (keli, penang), Clarias nieuhofi CV (lindim, lembat, kaleh), Clarias melanoderma Blkr (duri, wais, wiru), dan Clarias teysmani Blkr (lele kembang, kalang putih). Di antara kelima jenis ini, hanya Clarias batrachus L. yang paling sering dijumpai dan dipelihara karena dagingnya yang lezat. Pada tahun 1980-an, masuklah varietas lele baru yang dikenal sebagai ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang berasal dari Afrika.

Sumber Zat Gizi

Ikan yang merupakan bahan makanan penting sebagai sumber zat gizi. Serta mengandung protein tinggi, yaitu rata-rata 20 persen. Protein ikan adalah protein yang istimewa karena bukan hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, tetapi juga sebagai pelengkap mutu protein dalam menu.
Protein ikan mengandung semua asam amino esensial lisin, leusin dan metionin yang lebih tinggi dibanding protein susu dan daging. Ikan darat umumnya mengandung protein dengan kadar metionin dan sistin yang tinggi. Leusin sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Sementara lisin sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan. Asam amino lisin menjadi kerangka bagi niasin dan sering dilibatkan dalam pengobatan penyakit herpes.
 

Kaya Fosfor

Dilihat dari komposisi gizinya, ikan lele juga kaya fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi daripada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat, 80 persen berada pada tulang dan gigi. Fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibanding saat-saat tidak mengandung karena ibu hamil butuh fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari tulang sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan. Dilihat dari perbandingan kalium dan natrium yang mencapai 24, 5:1, ikan lele dapat digolongkan sebagai makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah. Makanan tergolong makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila mengandung rasio kalium terhadap natrium minimal 5:1. Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Rendah Lemak

Kadar lemak ikan air tawar dan payau termasuk rendah. Lemak tersebut terdapat pada bagian perut, terutama tubuh bagian bawah dan dalam hati . Lemak ikan sebagian besar berupa lemak sederhana, yakni trigliserida yang bersifat netral dan ada juga yang berbentuk kompleks seperti fosfolipida dan sterol.
Asam lemak ikan umumnya berantai karbon lurus dan mempunyai atom karbon antara 14 hingga 24 atom. Jumlah asam lemak jenuh antara 17 hingga 21 persen dan asam lemak tidak jenuh antara 79 hingga 83 persen. Tingkat asam lemak tidak jenuh yang tinggi membuat ikan air tawar, termasuk ikan lele baik untuk menekan kolesterol.
Ikan air tawar seperti lele juga mengandung omega-3, meskipun dengan kadar yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ikan air laut. Kandungan omega-3 pada ikan lele hasil budi daya (sengaja dipelihara) jauh lebih rendah daripada ikan lele liar. Omega-3 sangat diperlukan tubuh untuk pencegahan penyakit degeneratif ,seperti penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 juga berperan sangat penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf termasuk sel otak.
Karbohidrat pada ikan terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu sekitar 0 hingga 1,7 persen yang terdapat dalam bentuk glikogen. Ikan lele dari genus Ictalaurus punctatus tidak mengandung karbohidrat karena kadar lemaknya yang cukup tinggi sebagai sumber energi.
 
Prof. DR. Made Astawan
Dosen Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi IPB
Tabel 1. Komposisi beberapa ikan tawar dan payau (Vaas, 1956)
Jenis Ikan        Protein(%)       Lemak(%)        Mineral(%)      Air(%)    KH(%)
Mas                  16,0                  2,0                  1,0                   80              1,0
Bandeng           20,0                 1,3                   1,2                   76              1,5
Tawes               9,7                   5,1                   1,5                   82              1,7
Gabus              20,0                  1,5                   1,3                   77              0,2
Betok               17,5                  5,0                   2,0                   75              0,5
Lele                  17,7                 4,8                   1,2                   76              0,3
Tabel 2. Susunan dan komposisi kimia ikan lele per 100 gram (Lovell dan Ammerman, 1974)
Susunan           Komposisi
Kalori               712 kalori
Protein              15-19 gram
Lemak               4-10 gram
Karbohidrat      0-1,7 gram
Air                    67-80 gram
Abu                   9 mg
Kalsium           11 mg
Fosfor               168 mg
Besi                 1,1 mg
Keunggulan ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot (Wikipedia, 2008).Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pasalnya, asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Tak kalah pentingnya, lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes (Wikipedia, 2008).

Khasiat Ikan Lele

1. Memperkuat otot-otot perut, mengobati kencing manis, impotensi, hepatitis, ambien dan eksim. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup dimasak/direbus lalu dimakan atau di bakar hangus dan di tumbuk halus lalu di buat serbuk, di seduh dengan air panas lalu di minum. Terutama bagi mereka yang menderita impotensi, ambil ikan lele di masak sesuai selera anda lalu di makan. Yang di jual di warung-warung biasanya dalam bentuk goreng lalu di campur dengan sambal lalapan,ini amat baik jika di sertai daun kemangi. Antara daging dan bumbu sambal itulah yang membuat kita jadi perkasa.
2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan Asam Amino Esensial sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak.
3. Mampu menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Sehingga Lele juga bisa melindungi anak dari cold sore (luka yang berisi cairan diakibatkan oleh infeksi virus herpes simplex tipe 1) dan virus herpes.
4. Sumber Vitamin B12
Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

5. Menyehatkan Otak dan Jantung
Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan ‘mahal’ seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal ikan lele yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.
6. Rendah Merkuri
Isu ikan laut yang mengandung merkuri masih menghantui. Bahaya dari mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri adalah pengaruhnya mengacaukan sistem saraf. Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.
7. Penyedia Asupan Protein Yang Baik
Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

8. Manfaat Bagi Ibu Hamil
Menurut pakar gizi, ibu yang sedang hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi ikan. Karena ikan banyak mengandung protein yang baik untuk janin. Namun, ikan yang dikonsumsi pun tidak lebih dari 12 ons dalam satu minggu. Ikan yang dianjurkan oleh pakar gizi salah satunya adalah ikan lele. Ibu yang hamil makan lele, akan membantu pertumbuhan janinnya.Jadi, ikan lele untuk ibu hamil sangat baik. Karena ikan lele mengandung kadar lemak yang rendah. Selain harganya murah, lele banyak mengandung gizi dan bahkan dapat membantu pertumbuhan janin. Nilai gizi ikan lele per 2,5 kg setara dengan gizi 1 kg daging sapi. Manfaat lele bagi kehamilan sangat besar, karena ikan lele mengandung fosfor yang lebih tinggi daripada telur.Fosfor ini berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi serta untuk pembentukan tulang. Ibu yang sedang hamil akan memerlukan fosfor yang lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil karena untuk pembentukan tulang janin yang dikandungnya. Jika kebutuhan fosfor ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil fosfor dari ibu. Hal ini akan mengakibatkan tulang ibu menjadi keropos.Selain mengandung fosfor, ikan lele juga mengandung kalium dan natrium. Kedua zat ini merupakan makanan terbaik untuk jantung dan pembuluh darah. Ibu hamil makan lele, akan terjaga kerja jantung dan pembuluh darahnya karena kebutuhan kalium dan natrium terpenuhi. Perbandingan jumlah kalium dan natrium dalam tubuh yang baik adalah 5:1. Dan perbandingan ini terdapat dalam ikan lele.[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

2 comments on “Ikan Lele

  1. Katanya lele bisa menyebabkan kanker? apa benar?

  2. hatur nuhun infonya kang dedi…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: