2 Comments

Bunga Mawar

Image

Nama ilmiahnya Rosaceae, merupakan tanaman dari Ordo Rosanales. Bunga mawar dikenal mempunyai banyak varietas sehingga disebutlah dia Rosaceae atau keluarga mawar mawaran. Kemajuan teknologi semakin membuat keluarga tanaman ini beraneka ragam dengan warna warninya mulai dari merah, ungu, hitam dan bahkan campuran beberapa warna. Disamping itu kelopak bunganya juga semakin variatif, dari yang berkuntum tunggal, ganda sampai yang bertumpuk.

Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Ternyata di balik keelokan warna bunganya, di dalam Mawar juga terkandung khasiat sebagai obat alami. Kalau Anda pergi jalan jalan ke Bangkok, akan Anda jumpai makanan yang terbuat dari Bunga Mawar. Banyak restoran di Bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga ini.

Mawar banyak mengandung vitamin C, B, E, K, tannin,geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pectin, polifenol, karotenoid, vanillin, stearopten, farnesol, phenyletanol, eugenol, nonilaldehida, dan feniletilalkohol.

Di dalam Bunga mawar terdapat Antosian, yang merupakan salah satu zat pewarna alami berwarna kemerah-merahan yang larut dalam air dan tersebar luas di dunia tumbuh-tumbuhan. Zat warna ini banyak diisolasi untuk digunakan dalam  beberapa bahan olahan, makanan maupun minuman. Pada kondisi asam, antosianin akan lebih stabil dibandingkan dengan pada kondisi basa atau netral. Antosianin juga tergolong senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu, antosianin mampu menghentikan reaksi radikal bebas dengan menyumbangkan hidrogen atau elektron pada radikal bebas dan menstabilkannya. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya 2 cincin benzena yang dihubungkan dengan 3 atom C dan dirapatkan oleh 1 atom O sehingga terbentuk  cincin diantara 2 cincin benzena pada antosianin.

Image

Gambar struktur Antosianin

Khasiat bunga mawar:

1. Minyak atsiri nya mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik.

2. Bunga mawar bisa membunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh.

3. Harum aroma bunga mawar juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan juga meningkatkan mood.

4. Daun kelopak bunganya yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh. Caranya sangat mudah, anda campurkan sedikit kelopak bunga kering bersama teh dan rebuskan air kemudian saring, anda akan menikmati segarnya teh sambil menghirup aroma bunga mawar yang dapat meningkatkan mood.

5. Obat batuk kering, langkahnya yaitu ambillah 10 gram mawar kering, bersihkan dengan bersih. campur 30 gram gula batu lantas tim ke-2 bahan sampai 1/2 masak atau hingga keluar airnya. di saring lantas minum pada saat hangat.

6. Untuk menangani bengkak pada kaki disebabkan sirkulasi darah tidak lancar, langkahnya yaitu ambillah 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. bersihkan bersih ke-2 bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml sampai tinggal separuhnya. Minum 2 kali 1 hari setelah makan.

7. Menangani haid tidak teratur, langkahnya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. bersihkan bersih seluruh bahan, rebus dengan 600cc air sampai tinggal 200 cc. saring. minum 2 kali 1 hari setelah makan.

8. Atasi nyeri haid, langkahnya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram daun dewa. bersihkan bersih ke-2 bahan, rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. saring. minum 2 kali 1 hari.

9. Mawar bisa digunakan untuk pembersih dan penyegar kulit, dan berkhasiat sebagai pembersih bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, ataupun abses.

10. Mawar merah berfungsi: anti radang, anti kejang, aprodisiak, penyegar, penambah sekresi empedu, tonikum, pengatur haid, ekspektoran, penghilang bengkak, dan juga pembersih racun.

11. Sari bunga mawar dicampur dengan madu, berkhasiat menghaluskan dan menyegarkan kulit yang lelah.

12. Jantung koroner: Rebus 2 kuntum bunga mawar merah, 15 g bunga siantan/soka dengan 500 ml air hingga tersisa 200 ml. airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan 2 kali sehari.

13. Campak:

(a) Rebus 5 kuntum bunga mawar, 20 g temu giring, 2 ruas tebu, dengan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan itu 2 kali sehari.

Atau:

(b) 15 kuntum bunga mawar direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal ¾-nya. Sesudah dingin saring, lalu, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

14. Rambut rontok:

1 kuntum bunga mawar dicampur dengan 10 helai daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 helai daun mangkokan, 1 helai daun pandan, 10 kuntum bunga melati, cuci bersih. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci email, lalu tambahkan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri masing-masing ½ cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan. Caranya, oleskan campuran minyak tadi ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2 – 3 kali seminggu.

15. Bau mulut dan radang tenggorokan:

  1. Siapkan keberapa buah bunga mawar, untuk jenis bunga mawar, terserah yang penting bunga mawar, namun demikian untuk hasil yang lebih baik adalah bunga mawar yang berwarna merah.
  2. Bunga mawar yang telah kita siapkan kita bersihkan dari debu yang menempel, dan kita pisahkan kelopak-kelopaknya satu per satu.
  3. Kelopak-kelopak bunga mawar yang sudah kita pisahkan tersebut kita rendam diair putih, dan kita campur sedikit dengan gula batu.
  4. Bunga mawar yang sudah kita rendam tersebut kita saring, ambil airnya, dan kita minum setiap hari sebelum tidur, sampai penyakit yang kita derita sembuh.
  5. Untuk waktu lamanya merendam bunga mawar adalah kira-kira 3 jam. 

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

2 comments on “Bunga Mawar

  1. Hi all flower lovers….
    Perkenalkan saya Eka. Saya ingin memperkenalkan produk pupuk hayati yang dapat membantu meningkatkan kualitas tanaman. Produk ini telah dikembangkan selama 10 tahun dan telah di uji di laboratorium IPB selama 3 tahun. Produk ini mendapatkan peringkat pupuk hayati terbaik di Asia dan mungkin di dunia. Produk ini telah di uji coba pada lahan apapun, pada prinsipnya produk ini meningkatkan kualitas tanah dan nutrisi untuk tanaman sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan, ketahanan penyakit dan perkembangbiakan tanaman juga mengurangi biaya perawatan tanaman kesayangan anda. Bagi anda pembudidaya tanaman dan pencinta tanaman hias serta tanaman lainnya yang ingin mendapatkan info lebih jelas silahkan menghubungi saya di 0812 827 44 801 (WA juga bisa), saya siap mengunjungi anda di sekitar wilayah Jakarta, salam go green.

  2. bagus banget arikelnya ma, sangat legkap, trimakasih ats infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: