Bawang Merah

Image

Bawang merah (Allium cepa L) siapa yang tak tahu? Bumbu dapur ini hampir dipastikan ada di setiap rumah tangga. Jika melintas Brebes, Jawa Tengah saat panen bawang merah akan terlihat jejeran bawang merah dijemur di pinggir jalan.

Sosok tanamannya berumpun. Tinggi herba semusim ini antara 40 dan 60 cm. Daunnya pipih memanjang berwarna hijau keputihan. Bunganya pun tumbuh memanjang, berwarna putih. Buahnya berbentuk bulat, berwarna hijau. Akarnya jenis serabut, tumbuh dangkal sehingga untuk memperoleh tanaman yang tumbuh dan berproduksi dengan baik harus ditanam di tanah yang gembur.

Umbinya yang sering digunakan sebagai bumbu dapur merupakan umbi lapis. Umbi ini mengandung minyak asiri, sikloaliin, metialiin, dihidroaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin.

Bawang merah juga mengandung banyak serat seluloza yang kaya akan minyak sulfat yang mudah menguap. Juga mengandung zat-zat karbohidrat, asam fosfat, vitamin B dan C. Susunannya sebagai berikut: 8,86% air, 1,3% protein, 1% lemak, 10,3% karbohidrat dan unsur-unsur lain seperti dari fosfor, kalsium dan besi. Dalam setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori.

Manfaat bawang merah:

  1. Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.
  2. Dapat juga membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC. Bawang merah benar-benar mampu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dalam waktu singkat.
  3. Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.
  4. Dapat mengaktifkan gerakan lambung.
  5. Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  6. Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.
  7. Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.
  8. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.
  9. Untuk mengobati batuk rejan dan radang paru dengan menggunakan bawang merah sebagai kompres di atas dada. Jika diletakkan di atas ginjal dan kantong kemih, bisa menyembuhkan susah buang air kecil. Jika diletakkan di atas kedua telapak kaki, maka dapat menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah. Dan jika diletakkan di atas luka, maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor. Cara membuat kompresan dari bawang ini adalah dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan. Setelah itu, diletakkan di daerah yang hendak diobati, kemudian diikat dengan kain. Lakukan penggantian perban tersebut setiap 12 jam.
  10. Potongan-potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan-potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.
  11. Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.
  12. Bawang merah apabila ditumbuk dan didihkan dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir.
  13. Seduhan bawang merah ini dapat digunakan untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, yaitu dengan cara menyeduh potongan-potongan bawang merah dan memasukkannya ke dalam air dan disimpan sepanjang malam, lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar-benar keluar seluruhnya.
  14. Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing di lambung dan mengobati wasir dengan cara membuatnya sebagai obat pencahar dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus.
  15. Menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab baunya sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.
  16. Serat yang dikandung bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika Anda menderita sembelit, jangan segan untuk makan bawang merah mentah.
  17. Bawang merah merupakan salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan hemoroid atau wasir. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati pendarahan di hidung. Caranya cukup mudah kok. Iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan.
  18. Konsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Makanan ini juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.
  19. Makanan herbal ini dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  20. Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa belerang. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih.
  21. Tekanan darah tinggi: Sebanyak 1 siung bawang merah dikupas dan dicuci bersih dengan air. Siung yang sudah bersih ini dimakan utuh atau dalam bentuk potongan. Bisa juga dijadikan campuran acar mentimun.
    Quercetin hanya milik sekelompok pigmen tanaman yang disebut flavonoid. Inilah yang memberikan warna pada berbagai buah-buahan, bunga dan sayuran. The University of Maryland Medical Center mengakui bahwa suplemen quercetin membantu mengurangi tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi. Quercetin membantu dalam hipertensi dengan penipisan darah, itulah mengapa bawang dapat berguna bagi mereka yang menderita hipertensif.
  22. Bisul pada kulit: Sebanyak 1 siung bawang merah berukuran sedang dibersihkan dan dicuci. Hancurkan dengan cara digerus, lalu dibubuhkan atau ditempelkan ke bisul.
  23. Penurun panas: Sekitar 20 g umbi bawang merah dibersihkan, lalu diparut. Hasil parutannya dicampurkan dengan minyak kelapa. Campuran tersebut dibalurkan ke ubun-ubun dan sekujur tubuh sambil dilakukan pemijatan.
  24. Pengencer darah: Jika Anda sudah mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan dengan dokter Anda tentang konsumsi bawang, suplemen quercetin dan makanan lain atau suplemen yang dapat mengencerkan darah Anda. Suplemen quercetin dapat mengganggu resep pengencer darah resep seperti coumadin, plavix dan aspirin.Menurut University of Maryland Medical Center, suplemen quercetin cenderung meningkatkan efek pengencer darah, meningkatkan risiko pendarahan. Quercetin juga dapat mengganggu dengan obat lain, seperti kortikosteroid dan obat kemoterapi, yang dapat mencegah tubuh anda dari menyerap obat tertentu.
  25. Jika tertusuk duri: tumbuk lumat dan tempelkan di bagian yang terkena duri. Insya Allah duri akan dapat dikeluarkan.

[Dari berbagai sumber]

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation
%d bloggers like this: