Leave a comment

Sakit Pinggang

Image

Jangan pernah menganggap remeh nyeri pinggang yang sering anda rasakan, karena jika terus dibiarkan nyeri pinggang akan selamanya menetap dan sulit untuk ditangani. Sakit pinggang sendiri didefinisikan sebagai rasa sakit yang terjadi disekitar pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke bagian kaki terutama bagian samping dan belakang. Rasa sakit yang hebat sering menyebabkan para penderita sulit untuk melakukan pergerakan.Secara klinis, sakit pinggang dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu :

1. Sakit pinggang nonspesifik, salah satu jenis sakit pinggang yang sering dikeluhkan yaitu sekitar 90% penderita masuk kategori ini.
2. Sakit pinggang dengan penjalaran
3. Sakit pinggang dengan tanda bahaya, seperti patah tulang, cidera, tumor dan infeksi.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pada pinggang anda bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya :

1. Terjadinya tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang.
2. Adanya gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya.
3. Adanya infeksi atau batu ginjal
4. Pengapuran tulang belakang
5. Pola hidup yang tidak sehat
6. Banyak duduk dan kurang bergerak
7. Makan-makanan yang mengandung lemak
8. Asam urat
9. Merokok
10. Stress

Salah satu indikasi adanya penyakit pinggang adalah terdapat rasa nyeri pada pinggang. Bahkan pada kasus tertentu, nyeri pinggang ini bisa menjalar sampai ke tungkai kaki. Penyebab dari penyakit pinggang juga bermacam-macam. Bisa karena tulang keropos, akibat penyebaran kanker, atau bisa juga sebagai akibat dari rematik maupun penyakit ginjal. Bagi siapapun yang pernah menderita penyakit pinggang pasti tahu bagaimana rasanya bila ada yang salah dengan tubuh bagian pinggang. Walaupun terlihat sepele, kita harus bisa mengetahui apa unsur penyebab penyakit pinggang tersebut untuk menghindari menjalarnya penyakit pinggang ke bagian organ tubuh yang lain.

Berikut ini adalah beberapa penyakit pinggang:

ENCOK

Encok adalah penyakit pada sendi. Bentuk sendi di tubuh kita mirip dengan engsel pintu. Fungsi dari sendi itu sendiri adalah untuk pergerakan. Supaya pergerakan dapat berjalan dengan baik dan lancar, tentunya permukaan sendir harus berada pada tempatnya. Gangguan yang terjadi pada penyakit encok adalah berupa rasa nyeri pada sendi – sendi yang sebenarnya disebabkan oleh kerusakan pada permukaan sendi atau cairan yang mengisi ruang tersebut. Untuk meringankan penyakit encok, kita harus menghindari angin malam, tidak tidur terlalu larut atau mandi ketika cuaca sedang dingin, dan banyak beristirahat karena pergerakan sendi yang berlebihan dapat memperburuk keadaan.

RADANG SELAPUT SENDI PINGGANG

Radang selaput sendi pinggang hampir sama dengan penyakit encok. Bla encok disebabkan oleh sendi yang mulai aus atau bisa juga karena berkurangnya jumlah cairan dalam sendi, maka penyakit radang selaput sendi pinggang disebabkan oleh posisi atau bentuk tubuh yang salah. Seperti punggung yang bungkuk, bentuk dada yang cekung, posisi bahu yang tidak tegak, dll. Yang membuat repot adalah tanda-tanda bentuk tubuh ini sudah ada sejak masih masa kanak-kanak. Untuk mengurangi rasa nyeri, kita bisa mengompres bagian pinggang yang sakit dengan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat. Ulangi cara tersebut sampai rasa nyeri berkurang. Bagi penderita penyakit radang selaput sendi pinggang, sebaiknya tidak mengangkat, mendorong, menarik sesuatu yang berat, menghindari posisi tubuh membungkuk dan berjongkok. Selain itu, jangan menggunakan sepatu dengan tumit tinggi dan selalu menjaga posisi tubuh pada posisi yang benar, termasuk saat kita duduk.

REMATIK

Rematik atau arthritis adalah peradangan di satu atau beberapa persendian yang terjadi secara tiba – tiba dan ditandai dengan bengkaknya persendian. Penyebab dari penyakit rematik belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya rematik diantaranya: infeksi, komplikasi dengan penyakit infeksi lainnya, atau komplikasi penyakit lain yang buka infeksi. Gejala penyakit secara umum bisa dijumpai dalam bentuk timbulnya bengkak dan rasa sakit di persendian, hilangnya nafsu makan, sering merasa haus, keringat / bau badan menjadi berbau, merasakan sembelit, air seni kurang dan sangat asam, serta munculnya gejala kaku di persendian

Berikut Tips Meringankan Sakit Pinggang:

1. Senam Bokong

Istirahat total selama 2 – 3 hari mungkin akan menyembuhkan sakit. Tapi, otot-otot punggung juga akan makin lemah jika terlalu lama tidak digunakan. Untuk itu, lakukanlah senam bokong. Tidurlah telentang dan angkat lutut membentuk sudut sekitar 80 derajat. Taruh bantal di bawah lutut, lalu angkat bokong ke atas dan tahan selama setengah menit. Turunkan dan rileks selama setengah menit. Lakukan itu selama 10-15 menit, 3 kali sehari. Selain meringankan sakit pinggang, itu juga bermanfaat melatih otot perut.

2. Hangatkan Punggung

Panas akan melancarkan peredaran darah sehingga membantu penyembuhan. Gunakan bantalan panas listrik, botol berisi air panas, shower air hangat, berendam air panas, atau kompres hangat. Lakukan selama 20 menit dan istirahat 20 menit. Lakukan jangan lebih dari 3 jam sehari selama 3-4 hari.

3. Pakai korset atau penyangga

Alat-alat ini akan menahan punggung dan menjaga agar Anda tidak terlalu banyak bergerak dan membuatnya tetap tegak. Korset atau penyangga berfungsi seperti otot-otot yang kuat, meski tidak mampu menguatkan otot punggung Anda.

4. Peregangan Ringan

setelah 2-3 hari beristirahat total, cobalah melakukan peregangan ringan di pagi dan sore hari untuk melatih otot perut dan punggung. Selalu berkonsultasilah dengan dokter sebelum memulai program latihan.

CARA MENCEGAH SAKIT PINGGANG:

1. Olah raga yang teratur dimana frekuensi atau jumlah dan intensitasnya harus cukup. Dianjurkan juga seringlah melakukan olahraga berenang.
2. Mengatur makanan dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak, asam urat, dll. Berpengaruh memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang.
3. Hidup dalam lingkungan yang sehat dengan udara yang bersih dan menghindari polusi yang berlebihan.
4. Hidup yang teratur, mengatasi stress, serta menjalani hidup dan beragama dengan sungguh-sungguh.

OBAT TRADISIONAL SAKIT PINGGANG:

1. Akar Ilalang

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa ilalang hanya sekedar tanaman pengganggu yang tidak berguna. Namun, jangan menganggap remeh tumbuhan yang satu ini. Untuk pengobatan sakit pinggang, akar dari ilalang bisa dimanfaatkan. Caranya cukup ambil akar ilalang secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar ilalang tadi dengan takaran 2 kali sehari.

2. Kumis Kucing

Sama halnya dengan diatas, kumis kucing juga dipercaya sebagai obat tradisional sakit pinggang yang cukup ampuh. Oleh karena itu, lengkapilah tanaman obat keluarga anda dengan tanaman yang satu ini.

3. Daun Bakung

Berbeda dengan ilalang dan kumis kucing yang merupakan obat sakit pinggang alami dari dalam, daun bakung adalah obat sakit pinggang untuk penggunaan dari luar. Caranya, ambil beberapa lembar daun bakung lalu dipanggang sampai sedikit layu. Setelah itu olesi daun bakung tersebut dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah merata, tinggal ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit.

4. Air Putih

Tadi sudah disinggung jika kekurangan air putih bisa saja menyebabkan sakit pinggang. Oleh karena itu, jika anda merasakan sakit dan nyeri pinggang, ada baiknya anda mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Paling tidak 8 gelas perhari. Namun demikian, perlu diketahui bahwa air putih tidak hanya sebagai obat sakit pinggang saja. Banyak khasiat dan manfaat yang terkandung di dalam air putih, seperti halnya manfaat madu yang juga tak terhitung jumlahnya.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: