Leave a comment

Alergi Kacang Tanah

Image

DEFINISI DAN GEJALA ALERGI
Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat biasanya tidak berbahaya di lingkungan. Ini substansi (serbuk sari, jamur, bulu binatang, dll) disebut alergen.

Alergi adalah masalah yang sangat umum, yang berdampak pada sedikitnya dua dari setiap 10 orang Amerika.
Apa Yang Terjadi Selama Reaksi alergi?

Pertama, seseorang terkena alergen dengan menghirup itu, menelan, atau mendapatkan itu pada atau di bawah kulit mereka. Setelah seseorang terkena alergi, serangkaian kegiatan menciptakan reaksi alergi:

1. Tubuh mulai menghasilkan antibodi jenis tertentu, yang disebut IgE, untuk mengikat allergen.
2. Antibodi melampirkan ke bentuk sel darah yang disebut sel mast. sel Mast dapat ditemukan di saluran udara, di usus, dan di tempat lain. Kehadiran sel mast dalam saluran udara dan saluran pencernaan membuat daerah ini lebih rentan terhadap paparan alergen.
3. Mengikat alergen ke IgE, yang melekat pada sel mast. Hal ini menyebabkan sel mast untuk melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah. Histamin, senyawa kimia utama, menyebabkan sebagian besar gejala reaksi alergi.

Apa Apakah Gejala dari reaksi alergi?

Gejala umum dari suatu reaksi alergi terhadap alergen yang terhirup atau kulit meliputi:

* Gatal, mata berair
* Bersin
* Gatal, hidung beringus
* Ruam
* Merasa lelah atau sakit
* Hives (gatal-gatal dengan bercak merah dibangkitkan)

Eksposur lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi yang berbeda:

* Makanan alergi. Reaksi alergi terhadap alergen makanan juga bisa menyebabkan kram perut, muntah, atau diare.
* Sengatan serangga. Reaksi alergi terhadap sengatan dari lebah atau serangga lain menyebabkan pembengkakan lokal, kemerahan, dan nyeri.

Kerasnya reaksi alergi, gejala dapat sangat bervariasi:

* Gejala ringan mungkin tidak begitu kentara, hanya membuat Anda merasa sedikit,
* Sedang gejala dapat membuat Anda merasa sakit, seolah-olah Anda, mendapat flu atau bahkan dingin.
* Parah reaksi alergi sangat tidak nyaman, bahkan melumpuhkan.

Kebanyakan gejala reaksi alergi pergi tak lama setelah berhenti eksposur.

Reaksi alergi yang paling parah disebut anafilaksis. Dalam anafilaksis, alergen menyebabkan reaksi alergi seluruh tubuh yang dapat mencakup:

* Gatal-gatal dan gatal-gatal di seluruh (bukan hanya di daerah terbuka)
* Mengi atau sesak napas
* Suara serak atau sesak di tenggorokan
* Kesemutan di tangan, kaki, bibir, atau kulit kepala

Anafilaksis adalah mengancam jiwa dan memerlukan perhatian medis segera. Gejala dapat berkembang pesat, sehingga menuju ruang darurat jika ada, kecurigaan dari anafilaksis.
Apakah Semua orang Memiliki Alergi?

Tidak, tidak semua orang memiliki alergi. Orang-orang mewarisi kecenderungan untuk menjadi alergi, meskipun tidak ke alergen tertentu. Bila salah satu orangtua alergi, anak mereka memiliki kesempatan 50% memiliki alergi. risiko itu melompat hingga 75% jika kedua orang tua memiliki alergi.

Sebagian orang mengalami alergi terhadap kacang tanah. Gejala alergi bisa ringan, namun bisa pula berakibat parah hingga membahayakan jiwa.

Berikut adalah tanda dan gejala alergi kacang tanah:

1. Reaksi Kulit

Seseorang yang mengalami alergi kacang tanah akan mengalami gatal-gatal, ruam merah, eksim, atau bengkak, dan mengalami kemerahan di sekitar mulut dan muka setelah makan kacang.

Reaksi kulit adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi. Antihistamin dapat membantu dalam mengobati reaksi kulit ringan, seperti gatal-gatal.

2. Reaksi Gastrointestinal

Alergi kacang tanah juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Orang dengan alergi kacang tanah mungkin mengalami kram, kembung, muntah dan/atau diare setelah makan kacang.

3. Masalah Pernapasan

Masalah pernafasan bisa ringan hingga berat. Gangguan pernapasan ringan meliputi hidung berair dan tersumbat, mata berair dan gatal, serta bersin.

Gejala pernapasan yang lebih parah akan meliputi batuk dan mengi atau sesak napas. Alergi kacang tanah juga bisa memicu serangan asma.

4. Anafilaksis

Anafilaksis merupakan reaksi alergi kacang tanah paling parah dan bisa mengancam jiwa.

Syok anafilaksis bisa menyebabkan pembengkakan mulut, bibir dan tenggorokan serta penurunan tekanan darah yang mengakibatkan kesulitan bernafas dan kehilangan kesadaran.

Jika terjadi gejala ini, segera hubungi penyedia layanan kesehatan. Dokter mungkin akan meresepkan epinephrine untuk mengurangi keluhan.

Informasi Lain

Saat ini tidak ada obat untuk alergi kacang tanah. Cara terbaik mencegah alergi adalah dengan menghindari kacang sama sekali.

Beberapa orang mengalami alergi saat memakan kacang, tetapi yang lain akan menunjukkan reaksi alergi hanya dengan memakan produk yang mengandung kacang tanah.

Baca label makanan untuk menghindari kandungan kacang tanah agar aman dari gejala alergi

9 CARA AGAR TERHINDAR ALERGI KACANG TANAH

Kacang tanah merupakan salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum.

Sayangnya banyak produk makanan mengandung kacang tanah sehingga menyulitkan bagi orang dengan alergi kacang untuk terhindar darinya.

Padahal, alergi kacang tanah belum ada obatnya sehingga satu-satunya cara mencegah alergi adalah dengan menghindari produk kacang tanah.

Berikut adalah tips hidup sehat bagi penderita alergi kacang tanah.

1. Hindari makan kacang dan semua makanan yang mengandung kacang. Ini termasuk selai kacang, cokelat dengan kacang tanah, serta makanan lainnya.

2. Baca label dengan hati-hati. Kacang tanah terkandung dalam banyak produk. Kata-kata seperti “protein nabati terhidrolisis” mungkin menunjukkan produk kacang.

3. Hindari marzipan, atau egg roll kecuali Anda tahu pasti makanan tersebut tidak mengandung kacang tanah. Selai kacang kadang-kadang digunakan untuk membuat egg rolls.

4. Berhati-hatilah saat makan masakan Cina dan Thailand karena mungkin dimasak dengan minyak kacang atau mengandung kacang.

5. Hati-hati dengan makanan yang dipanggang maupun permen. Banyak jenis dari makanan ini mengandung kacang tanah.

6. Hindari asap atau uap masakan kacang tanah. Uap bisa memcu alergi apalagi jika Anda menderita alergi kacang yang parah.

7. Tambahkan suplemen vitamin C dengan bioflavonoid. Zat tersebut bisa membantu tubuh mengatasi alergen, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Ambil acidophilus. Gunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Acidophilus membantu pencernaan dengan menjaga flora usus yang sehat.

9. Gunakan multienzim kompleks untuk membantu meningkatkan pencernaan. Gunakan sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan.

11 OBAT ALERGI ALAMI

Untuk mengatasi alergi tersedia berbagai obat termasuk di antaranya antihistamin, steroid, dan lainnya. Namun, selain obat buatan pabrik, tersedia pula solusi alami yang efektif untuk menghilangkan alergi.

Berikut adalah beberapa obat tradisional untuk mengatasi alergi:

1. Madu

Salah satu solusi alami paling efektif untuk pengobatan alergi adalah madu. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan-bahan lain yang efektif. Madu yang diproduksi secara lokal lebih disarankan karena mengandung serbuk sari tanaman yang melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Quercetin

Quercetin merupakan antioksidan yang ditemukan dalam makanan seperti apel, berry, bawang, dan teh hitam. Quercetin membantu memblokir sintesis histamin sehingga mengurangi gejala alergi.

3. Antihistamin alami

Vitamin C adalah antihistamin alami. Perbanyak asupan vitamin C dari makanan untuk membantu mengobati alergi. Obat-obatan antihistamin bisa pula digunakan untuk memperkuat efek antihistamin alami.

4. Antioksidan alami

Antioksidan alami dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang dianjurkan untuk mengobati alergi termasuk ekstrak biji anggur, pisang, apel, tomat, wortel, dan bawang.

5. Berkumur dengan air garam

Obat alami yang efektif untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Selain itu, semprotan nasal saline membantu menghilangkan serbuk sari atau alergen lain yang berada dalam hidung sehingga mengurangi reaksi alergi.

6. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki kemampuan menghambat sintesis bahan kimia penyebab inflamasi yang bertanggung jawab memicu reaksi alergi.Makanan sumber asam lemak omega-3 meliputi kenari, minyak biji rami, dan minyak ikan.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung antihistamin alami yang membantu meringankan alergi.Anda dapat minum 1– 2 cangkir teh hijau setiap hari untuk menyingkirkan alergi.

8. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat membantu mengobati gatal yang disebabkan alergi.Cuka apel dapat dimasukkan dalam diet atau diencerkan dalam air dan dioleskan pada daerah yang terkena alergi.Cuka apel juga membantu dalam menyingkirkan bakteri dan kuman.

9. Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk alergi yang sama efektifnya dengan madu. Jahe juga merupakan antihistamin alami dan dekongestan. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang dimasak. Anda dapat mengkonsumsi 3 – 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.

11. Peppermint

Peppermint bertindak sebagai dekongestan alami yang membantu mengurangi gejala-gejala infeksi virus dan alergi.Teh peppermint juga membantu mengurangi masalah sinus dan membantu menyingkirkan batuk.

OBAT ALAMI ALERGI PADA KULIT

1. Air

Minumlah air sebanyak mungkin. Air merupakan obat alami untuk alergi kulit. Air mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membersihkan sistem di dalamnya. Air juga mengencerkan sekresi dan menyembuhkan alergi kulit.

2. Lemon

Peras beberapa buah lemon hingga terkumpul air sarinya. Gunakan kapas agar air sari lemon meresap ke kapas. Lalu oleskan pada kulit yang alergi. Selain itu, campurkan air sari lemon dengan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang alergi dan biarkan semalaman.

3. Pasta daun Nimba

Pohon Nimba bagi masyarakat Indonesia umumnya masih dikenal hanya sebagai pohon peneduh yang banyak berada di pinggir-pinggir jalan. Karena itu, manfaat utama tanaman ini banyak dirasa bagi kita para pejalan kaki dan menjadi napas bagi udara kota.

Padahal, ekstrak dari daun, kulit, dan bunga nimba selama ini digunakan di India untuk melawan bakteri patogen dan jamur. Cabang pohonnya pun dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Tak hanya itu, ekstrak nimba juga digunakan untuk mengontrol penyebaran malaria.

Daun nimba yang mengandung anti-bakteri pun baik untuk mengatasi masalah kulit. Untuk menyembuhkan alergi kulit, rendam daun nimba selama enam hingga delapan jam dan kemudian buat pasta dari hasil rendaman itu. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 30-45 menit. Bilas dengan air dingin.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: