Leave a comment

Rambut Rontok

Rambut rontok biasanya dimulai dengan gejala awal yang mudah sekali kita lihat dan rasakan, seperti beberapa helai rambut jatuh ketika disisir atau ketika keramas. Kerontokan rambut biasanya disebabkan oleh adanya kelebihan hormon pada kulit kepala, melemahnya rambut dan rapuhnya akar rambut karena kurangnya vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan rambut itu sendiri. Kerontokan rambut umumya terjadi sedikit demi sedikit hanya bebrapa helai yang kemudian lama-kelamaan menjadi bertambah banyak, masalah kerontokan rambut dapat dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita dan anak-anak. Banyak orang dalam menanggani kasus seperti ini, biasanya para perawat rambut atau salon kecantikan hanya menggunakan hair tonic untuk membantu mengurangi rambut. Banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk perawatan rambut.Rambut rontok dalam bahasa medis disebut juga Alopecia. Pettren baldness (androgenetic alopecia), merupakan jenis kerontokan rambut yang paling umum dan menghinggapi sekitar 1/3 pria dan wanita dan sifatnya permanen. Adapula jenis kerontokan rambut yang bersifat sementara yakni alopecia areata, jenis kerontokan rambut ini umumnya tidak hanya terjadi pada rambut di kepala namun bagian tubuh lainnya juga memiliki kemungkinan mengalami kerontokan rambut.
ImageJENIS KERONTOKAN RAMBUT SECARA UMUM:

1. Rambut rontok permanen (endrogentic alopecia)

Merupakan jenis rambut rontok yang bersifat permanen (endrogenetic alopecia) jika pada pria dapat mengakibatkan kebotakan (male-pattern-baldness) yang biasanya menyerang pria sekitar usia diawal 20 tahunan, yang ditandai dengan garis rambut yang mulai menurun ke dahi dan kebotakan pada puncak kepala. Hasil akhirnya botak sebagian atau botak total. Sedangkan kerontokan rambut permanen yang dialami oleh wanita (female-pattern-baldness) dengan ciri kerontokan rambut terjadi pada bagian depan, samping atau puncak kepala. Namun pada wanita tidak sampai terjadi kebotakan seperti halnya pria.

2. Rambut rontok sementara

a. Alopecia areata, kerontokan rambut yang dimulai pada bagian tempat yang paling kecil dibagian kulit kepala yang kemudian akan membuat kulit kepala terlihat pitak. Namun umumnya pitak di kepala hanya beberapa saja, selain itu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada bagian alis, bulu mata dan kumis. Jika kerontokan rambut mencakup seluruh bagian kulit kepala disebut alopecia totalis, apabila kerontokan rambut mencakup seluruh bagian tubuh disebut alopecia universalis. Gejala yang terjadi sebelum rontok diawali dengan rasa gatal dan sakit.

b. Telogen effluvium, merupakan jenis kerontokan rambut yang mengakibatkan kebotakan sementara yang terjadi secara mendadak, penyebab paling umum adalah stress dan usai pemulihan dari sakit. Jumlah kerontokan rambut ini bisa segenggam ketika menyisir atau keramas dengan tarikan perlahan. Jenis kerontokan rambut ini menyebabkan penipisan secara menyeluruh dan bukan berupa pitak, hanya sedikit kebotakan.

c. Traction alopecia, kerontokan rambut yang disebabkan karena sering diikat atau dikuncir terlalu kencang, rambut sering dikepang, sering di rol. Rambut rontok umunya terjadi pada bagain rambut yang ditarik kencang.

d. Anagen effluvium, kerontokan rambut yang secara aktif dan cepat umumnya disebabkan oleh efek samping dari obat chemotherapeutic yakni obat digunakan untuk para pasien yang sedang kemoterapi dari suatu penyakit kronis umumnya penyakit kanker atau lymphoma. Kerontokan rambut jenis satu ini lebih cepat terjadi dibanding dengan kerontokan rambut jenis telogen effluvium. Kerotokan rambut jenis anagen effluvium ini terjadi ketika seseorang sedang berlangsung dan seusai menjalani kemoterapi. Ketika menjalani kemoterapi rambut akan mengalami kerontokan dalam jumlah yang cukup banyak yang dapat ditemukan dibantal, ketika menyisir atau keramas. Meskipun masih memiliki peluang yang cukup besar rambut tumbuh kembali namun tak setebal atau sebanyak yang sebelumnya.

Jenis Rambut Rontok pada Wanita

Rambut adalah mahkota wanita, dan rambut rontok adalah momok yang terbesar bagi kaum hawa. Apakah anda mengetahui bahwa 1 dari 4 wanita; atau 25% dari populasi wanita mengalami kondisi rambut rontok yang memprihatinkan?

Dari studi yang ada, manusia mengalami rambut rontok sampai 100 helai tiap harinya, dan ini disebut normal. Rambut di kepala, mengalami pertumbuhan 3 sampai 4 tahun, dan kemudian mengalami jeda selama 3 sampai 4 bulan, dan kemudian tumbuh lagi menjadi rambut baru. Maka itu, apabila rambut seseorang rontok melebihi 100 helai sehari, dia harus sudah waspada terhadap keadaan ini.

JENIS KERONTOKAN RAMBUT PADA WANITA:

1. Alopecia Androgenic

Alopecia Androgenic adalah penyebab rambut rontok yang paling umum pada wanita, juga lelaki. Penyebab dari rambut rontok adalah genetis (keturunan) yang disebabkan oleh hormon Androgen. Hormon Androgen ini disebut juga DHT atau dihydrotestosterone. Hormon ini membuat folikel rambut menyusut menjadi tipis dan tidak dapat me-produksi rambut baru dengan baik.
Alopecia Androgenic adalah rambut rontok genetis yang paling umum dijumpai pada wanita dan lelaki

Rambut biasanya akan menipis dan menghilang dalam pola yang jelas, yaitu dimulai dari dahi bagian atas dan meluas kebelakang. Ada juga yang dimulai dari vertex (bagian atas kepala belakang – crown area), dan menyisakan rambut pada bagian samping dan belakang kepala. Pada wanita, biasanya tidak terjadi kebotakan total, tetapi penipisan rambut yang menyebar keseluruh kepala. Pada wanita penipisan ini berlangsung pada umur 20 sampai 30 tahun dan diperburuk dan dipicu dengan gangguan keseimbangan hormone androgen pada tahap pre menopause.

2. Alopecia Difusa

Adalah rambut rontok pada wanita yang disebabkan oleh obat-obatan atau vitamin dengan dosis tinggi. Contoh: obat kanker (chemotherapy, vitamin A, talium, dan retinoid). Kurangnya kelenjar tiroid, mengalami anemia (kurang darah) dan stress juga dapat menyebabkan rambut rontok pada wanita. Kehilangan dan penipisan rambut biasanya merata di seluruh kepala (tidak terbatas hanya satu tempat saja). Kabar baiknya, apabila penyebabnya hilang, rambut akan tumbuh kembali.

3. Alopecia Areata

Ini adalah rambut rontok yang disebabkan oleh auto-immune. Kerontokan rambut dapat terjadi tiba-tiba dan biasanya pada suatu tempat tertentu, bisa di kepala maupun di tempat lainnya seperti di alis atau bulu mata. Rambut rontok ditandai oleh bintik-bintik seperti lingkaran. Alopecia Areata biasanya hanya bersifat sementara dan rambut dapat tumbuh kembali apabila auto-immune atau penyebabnya hilang.

4. Degenerasi Folikel

Banyak wanita yang suka rambutnya di model karena tuntutan jaman. Ada yang di warnai atau dibonding (diluruskan) dan tentunya menggunakan bahan kimia. Hal ini bisa mengakibatkan efek negative pada folikel rambut dan penyebab dari rambut rontok. Apabila rambut rontok dapat diketahui, tentunya akan mudah bagi penderita, karena penggunaan bahan kimia dapat dihindari/diganti, tetapi apabila tidak diketahui, hal ini dapat menjadi kondisi rambut rontok yang permanen.
Dari semua kondisi rambut rontok, yang paling sering terjadi dan lebih sulit diobati adalah Alopecia Androgenic (genetik)

Dari semua penyebab rambut rontok diatas, yang paling sering terjadi dan lebih sulit diobati adalah yang disebabkan oleh Alopecia Androgenic (karena genetic). Hal ini karena pembentukan hormon androgen atau DHT (dihydrotestosterone) yang terlalu banyak sehingga menyebabkan folikel rambut menyusut.

Apabila anda mengalami rambut rontok yang disebabkan oleh Alopecia Androgenic, pengobatan harus dilakukan dari 2 cara supaya efektif. Yaitu, me-block pembentukan hormone Androgen/DHT, dan memberikan rangsangan untuk tumbuh rambut di kepala.

Usaha me-block DHT dapat memakai DHT blocker dari bahan alami, karena akan lebih aman daripada bahan kimia : contoh Finasteride. Untuk menumbuhkan rambut, anda dapat memakai zat aktif Minoxidil 2% (khusus untuk wanita) yang dapat ditemukan di Women Rogaine. Minoxidil adalah zat aktif yang telah disetujui pemakaiannya oleh FDA (Food and Drug Administration) kurang lebih 15 tahun lalu.

5 KONDISI KULIT KEPALA YANG MENYEBABKAN RAMBUT RONTOK

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok baik pada pria maupun wanita. Selain karena factor genetis, kerontokan pada rambut bisa terjadi karena beragam kondisi rambut dan kulit kepala. Di bawah ini adalah lima masalah paling umum pada kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut menipis.

1. Seborrheic dermatitis atau seborrhea

Adalah kondisi peradangan yang bisa terjadi pada wajah, dada, dan kulit kepala. Peradangan jenis ini mengakibatkan kulit kemerahan dan gatal bahkan perih karena sering digaruk. Peradangan ini juga ditandai dengan ketombe yang terus muncul, terlihat berwarna kuning atau putih pada kulit dan rambut. Seborrhea dapat dikontrol dengan melakukan higienisasi yang tepat, menggunakan bahan antijamur, dan steroid topikal. Namun, peradangan ini memiliki kecenderungan untuk datang kembali. Jika seborrheic dermatitis sudah kronis, kulit kepala dan kelenjar rambut akan rusak, sehingga terjadi kerontokan rambut.

2. Folliculitis

Adalah peradangan pada kelenjar rambut. Peradangan ini terjadi ketika kelenjar terinfeksi oleh bakteri. Gejalanya adalah terdapat bercak kecil berwarna putih, ruam, jerawat, atau benjolan kecil disekitar kelenjar rambut. Pengobatan antibiotik dan antijamur membantu mengontrol infeksi tersebut. Folliculitis biasanya memberi respon pada perawatan namun reinfeksi dapat terjadi lagi. Pada infeksi yang sudah parah, dapat terjadi kerontokan rambut permanen karena bekas luka pada kulit kepala.

3. Psioriasis

Adalah peradangan kulit tingkat kronis yang biasanya bersifat keturunan. Jenis penyakit kulit seperti ini menyebabkan kegatalan dan rasa perih atau sisik tebal keperakan pada kulit. Saat hal ini ditemukan pada kulit kepala, maka dapat menyebabkan kerontokan rambut. Alasan terjadinya kondisi ini adalah karena pertambahan sel yang terus menerus pada permukaan kulit.Krim Cortisone dapat mengurangi gejalanya namun sesungguhnya Psioriasis tidak dapat disembuhkan. Psioriasis merupakan kondisi kulit yang bersifat terus menerus dan gejalanya dapat bertambah, lalu menghilang atau malah semakin parah. Kulit kepala dengan Psioriasis jauh lebih sulit diatasi karena penampilan rambut membuat penggunaan pengobatan maupun krim topical jadi sulit untuk dilakukan. Sampo Nisim merupakan sampo yang terbukti efektif mengatasi Psioriasis dan masalah kulit gatal serta problema kulit kepala lainnya.

4. Tinea capitis

Adalah kondisi kulit kepala lainnya yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Tinea capitis merupakan infeksi akibat jamur dan memiliki kecenderungan untuk menyerang batang dan kelenjar rambut. Bentuknya berupa luka bersisik dan pitak pada rambut rontok yang dapat berkembang menjadi bisul atau benjolan besar. Perawatannya tergantung pada jenis jamur yang menyerang dan tingkat peradangan yang terjadi. Hal ini termasuk sampo selenium sulfide, pengobatan antijamur seperti ketoconazole, dan pada beberapa kasus, melalui pengobatan oral.

5. Lichen planus pada kulit kepala atau disebut juga lichen planopilaris dapat menyebabkan kebotakan permanen yang menakutkan. Hal ini terjadi karena peradangan tersebut berakibat pada kelenjar rambut. Penyebab pasti terjadinya lichen planus tidak diketahui namun peradangan ini dapat dikategorikan sebagai kondisi medis yang berhubungan dengan masalah imun tubuh. Saat ini tidak terdapat perawatan spesifik untuk kondisi tersebut. Pengobatan yang biasanya dilakukan termasuk penggunaan steroid, retinoid, immunosuppressants, dan terapi UV.

Walaupun kondisi-kondisi kulit kepala diatas dapat mengakibatkan kerontokan rambut yang bersifat sementara maupun permanen, perawatan dini dapat mencegah terjadinya kebotakan permanen.

CARA MERAWAT RAMBUT RONTOK

Dengan bertambahnya perhatian terhadap masalah rambut rontok yang banyak dialami baik pada pria maupun wanita, permintaan terhadap perawatan rambut rontok semakin meningkat.Merespon kebutuhan masyarakat tersebut, tak terhitung jumlahnya perusahaan yang muncul setiap harinya dengan jenis-jenis produk untuk cara merawat rambut yang berbeda seperti sampo, kondisioner, penumbuh rambut, bermacam minyak, pelembab dan lain sebagainya. Terdapat pula beragam perawatan yang tersedia untuk dipilih saat ini.

Beberapa diantaranya bersifat herbal, perawatan-perawatan rambut rontok secara natural yang menggunakan ekstrak herbal dari tanaman obat-obatan yang ditemukan di alam. Produk-produk tersebut menawarkan keamanan dan hasil yang efektif tanpa menyebabkan kerusakan rambut. Anda dapat memilih perawatan yang terbaik yang tidak merusak rambut anda. Saat memilih ramuan cara merawat rambut terbaik, anda harus menemukan terlebih dahulu apa yang menyebabkan kerontokan rambut anda. Barulah kemudian anda dapat memutuskan apa yang harus anda lakukan setelahnya. Pada banyak orang yang bekerja diluar ruangan, masalah utama rambut rontok adalah karena polusi lingkungan.

Penumpukan kotoran, keringat dan partikel lainnya jelas akan mengakibatkan rambut gampang rontok. Orang-orang yang mengalami hal seperti ini membutuhkan perawatan kulit kepala yang bagus untuk membersihkan semua sisa-sisa kotoran yang menempel di kulit kepala. Untuk mencegah kerontokan karena kotoran dan sisa sampo, anda disarankan untuk membilas dan membersihkan kulit kepala anda secara teratur dengan sampo dan kondisioner kulit kepala yang baik. Jika penyebab rambut rontok adalah ketombe, maka anda sebaiknya mencari perawatan terbaik untuk rambut berketombe. Membersihkan kulit kepala juga efektif untuk melawan ketombe.

Beberapa orang secara berlebihan memproduksi hormone DHT alami yang bertanggung jawab terhadap rambut yang rontok.Hormon DHT dapat menutup kelenjar rambut dan menghambat penyerapan nutrisi rambut. Hormon ini juga mencegah pertumbuhan rambut yang normal dan menyebabkan penipisan rambut. Saat ini telah tersedia banyak produk cara merawat rambut dengan ramuan herbal yang dapat menetralisir hormon DHT dan bisa membantu mengontrol rambut rontok akibat hormon tersebut.

10 CARA ALAMI MENGATASI RAMBUT RONTOK

1. Pengobatan Minyak Panas
Panaskan minyak alami, seperti zaitun, kelapa atau canola. Lalu pijatkan dengan lembut minyak hangat tersebut ke kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama satu jam. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

2. Jus Alami
Gosok kulit kepala dengan jus bawang putih, jus bawang merah atau jus jahe. Biarkan selama semalam. Cuci rambut hingga bersih saat pagi hari.

3. Pijat Kepala
Pijatan di kulit kepala akan merangsang sirkulasi darah dan menjaga folikel rambut tetap aktif. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.

4. Antioksidan
Balurkan dua kantong teh hijau hangat yang telah diseduh terlebih dahulu pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam dan bilas. Teh hijau mengandung antioksidan untuk mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Meditasi
Penyebab utama rambut rontok adalah stres dan ketegangan. Meditasi dapat membantu mengurangi stres dan mengembalikan keseimbangan hormonal.

6. Minyak Esensial
Menggunakan miyak esensial seperti lavender, basil, jelatang dan lemon. Aplikasikan beberapa tetes saja salah satu minyak essential tadi dengan menggunakan pipet pada kulit kepala kita. Lakukan pemijatan lembut pada keseluruhan bagian rambut dan kulit kepala, lalu biarkan semalaman. Pagi harinya, kita tinggal mencuci dan membilasnya hingga bersih.

7. Pijat Kulit Kepala Secara Teratur
Sirkulasi darah yang kurang lancar di daerah kulit kepala adalah salah satu faktor yang menyebabkan rambut rontok. Karena ada suplai darah kasar di daerah kulit kepala, folikel rambut tidak memperoleh nourishments secara maksimal untuk membuat rambut menjadi kuat. Akibatnya pertumbuhan volume rambut kamu tidak maksimal. Salah satu cara optimal untuk memperlancar aliran darah kulit kepala adalah dengan memijat kulit kepala kamu setiap hari. Hal ini bisa dikatakan merupakan salah satu cara termurah dan termudah untuk memperlancar aliran darah di daerah kulit kepala sakaligus dapat membantu pertumbuhan rambut kamu.

8. Lidah Buaya
Lidah Buaya atau disebut aloevera memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Untuk pemakaiannya, Anda bisa mengambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

9. Teh Hijau
Teh Hijau berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut. Anda dapat mengambil 2 bungkus daun teh hijau yang sudah diseduh dengan air hangat. Balurkan pada rambut dan dipijit secara lembut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

10. Daun Seledri
Seledri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya, ambil beberapa batang seledri kemudian bersihkan dan di blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dijipit lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

[Dari berbagai sumber]

Advertisements

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: