Leave a comment

Prostat

Prostat adalah kelenjar seukuran buah kenari yang merupakan bagian dari sistem reproduksi laki-laki. Hal ini terletak di depan rektum dan tepat di bawah kandung kemih, uretra dan sekitarnya, sehingga mempengaruhi aliran normal dari urin. Para ilmuwan masih meneliti fungsi lengkap prostat, bagaimanapun diketahui bahwa peran utamanya adalah untuk menekan cairan ke dalam uretra sebagai sperma bergerak melalui itu selama klimaks seksual.Cairan prostat, yang merupakan bagian dari air mani, menyediakan energi untuk sperma dan mengurangi keasaman saluran vagina. Prostat dikendalikan oleh hormon. Hormon-hormon ini mempengaruhi pertumbuhan, cara kerjanya dan Kesehatan yang sedang berlangsung – mereka sangat penting dalam menjaga sistem keseimbangan dalam prostat.

ImageKelenjar prostat seorang pria dewasa secara seksual adalah tentang ukuran kenari. Hal ini terletak dekat ke dasar kandung kemih, di depan rektum. Menghasilkan cairan, yang memelihara dan melindungi sperma, ketika diangkut ke dalam vagina seorang wanita melalui hubungan seksual. Cairan ini juga meningkatkan volume air mani.

Umumnya prostat akan berfungsi dengan baik hingga usia 40-an atau 50-an. Namun beberapa kasus ada juga yang mengalami masalah prostat pada usia 30-an. Penyakit prostat atau yang biasa dikenal dengan pembesaran prostat dialami oleh hampir setiap laki-laki dalam masa hidupnya terutama pada pada pria yang akan memasuki usia lanjut, Beberapa referensi menunjukkan bahwa persentasi penderita prostat terus meningkat saat pria memasuki usia 40 tahun sesuai bertambahnya dengan usia akan mengalami gangguan berupa pembesaran kelenjar prostat atau yang biasa disebut sebagai hiperplasia prostat jinak (BPH / Benign Prostate Hyperplasia).

BPH adalah suatu pembesaran prostat yang disebabkan bertambahnya struktur kelenjar dan jaringan ikat hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon testosteron yang diubah menjadi dihidrotestosteron pada sel prostat. pembesaran prostat ini biasanya menandakan bahwa masa muda dan usia produkti bagi pria sudah berakhir. Selain itu gangguan prostat lainnya dapat berupa peradangan prostat dan kanker prostat. Penyebab pasti pembesaran prostat masih belum bisa ditentukan, tetapi faktor umur, genetik dan hormon androgen mempunyai peranan penting dalam gangguan penyakit prostat ini

Jika gangguan penyakit prostat ini muncul, sedini mungkin harus segera diatasi karena dapat berlanjut pada peradangan prostat dan bilamana tidak segera diobati akan beresiko menjadi kanker prostat. Hal Ini bisa saja terjadi karena supan makanan yang mengandung betakaroten, lignan, dan vitamin E, rendah.

Gejala prostat yang sering dialami pria dewasa:

• Rasa nyeri di bagian bawah perut terutama bila menahan kencing disertai keluarnya keringat dingin, pada kasus tertentu rasa nyeri atau terbakar, bahkan bisa mengeluarkan darah saat kencing
• Sulit untuk memulai kencing, biasanya harus mengejan terlebih dahulu
• Aliran air seni kurang lancar dan tidak tuntas.
• Meningkatnya frekwensi buang air kecil. Dalam sehari semalam bisa 10-20 kali buang air kecil.
• Demam dan berat badan merosot drastis, Gejala ini biasanya muncul setelah gangguan pada prostat semakin memburuk dan berkembang menjadi radang prostat (prostatis).

PENCEGAHAN

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya gangguan prostat, adalah sebagai berikut:

Pola hidup sehat tentunya sangat berperan dalam hal ini cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

Cukupi kebutuhan lemak esensial seperti Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menetralisir racun yang dapat memicu kanker seperti yang terdapat pada senyawa karsinogen. Selain itu lemak esensial juga dapat meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

Perbanyak mengonsumsi kubis-kubisan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.

Ada tiga kondisi utama yang mempengaruhi kesehatan prostat. Ini termasuk Prostatitis, Kanker Prostat, Hiperplasia prostat jinak atau kelenjar prostat membesar.
Pemerahan Prostat

Banyak orang merekomendasikan memerah prostat secara teratur sebagai pengobatan pencegahan terhadap Kanker prostat dan Prostatitis. Memerah susu prostat juga dikenal sebagai pijat prostat. Berikut adalah langkah-langkah yang diberikan, yang memandu Anda melalui proses prostat memerah ketika Anda melakukannya sendiri.

  • Pertama pastikan bahwa kuku Anda dipangkas dan tidak memiliki tepi bergerigi menonjol keluar.
  • Bersihkan tubuh Anda dan tangan Anda secara menyeluruh. Kemudian mengenakan sarung tangan lateks steril pada tangan Anda dan oleskan pelumas berbasis air kecil pada jari-jari Anda untuk melakukan Buang air kecil atau buang air besar, yang membantu untuk rileks daerah itu.
  • Hati-hati memasukkan jari atau jari ke dalam anus Anda. Secara bertahap memindahkan mereka ke atas dan ke belakang, sepanjang daerah rektum ke arah depan tubuh Anda.
  • Jari-jari Anda kira-kira harus bergerak ke arah pusar Anda.
  • Anda akan merasakan kelenjar prostat, yang seperti bola, bulat kecil seukuran kenari besar. Pijat lembut dengan gerakan melambai cahaya di sepanjang sisi-sisinya.
  • Anda tidak harus menekan keras pada daerah pusat, di mana saraf-saraf sensitif berada.
  • Anda mungkin mengalami sensasi yang membingungkan, yang membuat Anda merasakan dorongan untuk buang air kecil. Namun, anda harus melanjutkan dengan prosedur.
  • Setelah beberapa menit, kelenjar prostat dapat dirangsang cukup untuk mengalami ejakulasi.
  • Anda juga bisa mengalami kenikmatan seksual atau orgasme. Namun, terkadang, ejakulasi tidak akan terjadi tetapi Anda mungkin merasakan kenikmatan seksual.

KANKER PROSTAT

Kanker prostat adalah penyakit, yang berkembang ketika sel-sel dari prostat bermutasi dan mulai berkembang biak dengan cara tak terkendali. Dalam sebagian besar kasus, kanker prostat berkembang secara perlahan dan mungkin tetap tidak terdiagnosis, karena pernah menyebabkan gejala atau masalah.

PEMBESARAN PROSTAT

Pembesaran prostat juga dikenal sebagai obstruksi prostatic hyperplasia (BPO) atau kadang-kadang sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH). Pembesaran prostat adalah pertumbuhan berlebih dari sel-sel prostat, yang menghambat aliran urin dan laki-laki mengalami masalah buang air kecil.

DIET MEMBUAT PERBEDAAN

Membuat komitmen untuk secara bertahap mencakup lebih banyak sayuran adalah langkah pertama. Sayuran berwarna seperti bayam, bit, labu musim dingin, asparagus, tomat, wortel, kentang manis dan selada hijau gelap mengandung karotenoid, yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah lebih disukai, yang sarat dengan serat dan memiliki sifat melawan Kanker.

Sayuran ini kuat berpigmen juga bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel sehat dari kemoterapi dan radiasi. Karotenoid yang larut dalam lemak, sehingga akan lebih banyak diserap bila dimakan dengan makanan atau snack yang mengandung beberapa lemak sehat. Sayuran seperti kol, brokoli, brussel sprout, kembang kol dan dikenal untuk kanker-melawan mereka phytochemical. Kelompok makanan tanaman juga membantu detoksifikasi tubuh.

Bawang dan bawang putih adalah pembangkit yang mengandung zat seperti quercetin, allicin, S-alil sistein dan selenium. Ini adalah penting untuk menargetkan sel-sel kanker prostat dan membantu detoksifikasi.

Kafein, alkohol, makanan pedas dan / atau makanan asam bisa mengiritasi prostat, dan sebagian besar dokter merekomendasikan baik menghilangkan mereka atau mengkonsumsi sangat sedikit dari mereka. Diet dengan penekanan pada kedelai sangat membantu karena hal ini membantu menghilangkan DHT. Bunga matahari dan biji labu juga dapat membantu. Potong kembali bir, karena hal ini merangsang hormon yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan prostat.

OBAT ALAMI DI SEKITAR KITA

Tanaman Ciplukan – Physallis peruviana L, nama daerah keceplokan, nyornyoran atau cecenet / cecendet.
Rebus daun Ciplukan sebanyak 9-15 gram dengan 2 gelas air hingga jadi satu gelas, saring dan minum 1 gelas per hari.

(Dari berbagai sumber)

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: