1 Comment

Penyakit Kanker

Image

Pengertian Atau Definisi Penyakit Kanker

Memahami dan mengerti definisi penyakit kanker atau pengertian penyakit kanker sangatlah penting terutama bagi kita yang ingin mempelajari seluk beluk penyakit kanker dan pengobatannya. Dengan memahami definisi kanker atau pengertian kanker kita akan punya batasan gambaran akan penyakit mematikan ini.

Dari beberapa literatur yang baca dapat kami rangkumkan bahwa definis kanker adalah kondisi tidak  normal pada sel tubuh yang menjadikan sel tumbuh dan berkembang cepat diluar kewajaran. Ada yang tumbuh cepat tekendali atau jinak dan ada yang tumbuh cepat tidak terkendali dan ganas.Sel yang tumbuh dan berkembang cepat terkendali (jinak) itulah yang dinamakan tumor sedang yang tumbuh cepat tidak terkendali dan ganas itulah yang dinamakan dengan kanker.
Dalam literatur lain juga disebutkan bahwa definisi penyakit kanker atau pengertian penyakit kanker adalah penyakit ganas yang ditandai dengan terjadinya siklus sel yang khas yang akan menimbulkan kemampuan sel untuk:
  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • tenyerang jaringan biologis yang ada di dekatnya
  • dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limpatik, di sebut metastasis.
Dengan ketiga karakter ganas itulah yang akhirnya tebedakan antara kanker dan tumor jinak. Dari definisi kanker di atas dapat disimpulkan bahwa asal mula sel kanker bermula sel tubuh yang berkembang tidak normal yang akhirnya menyebar dan menjalar ke seluruh tubuh secara cepat dan ganas.
Adapun penyebab terjadinya kanker di antaranya adalah:
  1. Keturunan
  2. Bahan kimia
  3. Radiasi
  4. Radiasi Ultraviolet
  5. Infeksi virus dan bakteri

Mengenal Penyakit Kanker Dan Tumor

Sebelum kita belajar lebih jauh tentang kanker, ada baiknya kita mengenal penyakit kanker dan tumor terlebih dahulu. Mengenal kanker secara mendasar sangat penting untuk kita lebih mudah didalam mempelajari tentang seluk beluk penyakit kanker dan pengobatannya baik secara medis maupun secara alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal pilihan berkualitas.

Demikian juga kita musti mengenal tumor atau mengenal penyakit tumor. Dalam beberapa hal tumor punyak kesamaan dangan kanker, tapi dalam beberapa hal lain, tumor juga berbeda dengan kanker. Namun sebagai kesimpulan dasar bisa dikatakan bahwa kanker pasti tumor tapi tumor belum tentu kanker. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk mengenal kanker dan mengenal tumor.
Tumor dan kanker adalah suatu keadaan dimana sel-sel tubuh berkembang cepat melebih batas normal perkembangan sel. Perkembangan sel tidak normal ini bisa terjadi secara jinak yaitu hanya tumbuh dan membesar maupun secara ganas yaitu tumbuh secara tidak terkendali dan merusak jaringan tubuh lainnya. Pertumbuhan sel secara cepat tapi masih terkendali yang hanya tumbuh dan membesar inilah yang dikenal dengan istilah tumor.
Adapun pertumbuhan sel secara cepat tidak terkendali dan merusak jaringan yang lain itulah yang di kenal dengan sebutan sel kanker atau kanker. Tumor tidak terlalu berbahaya sedangkan kanker sangat berbahaya dan diyakini bertanggung jawab untuk sekitar 25% dari seluruh kematian ( dengan idzin Allah tentunya).

Penyebab Munculnya Penyakit Kanker

Mengetahui penyebab munculnya kanker sangat penting karena dengan pengetahuan tersebut, insya Allah kita lebih bisa mengantisipasi timbulnya penyakit kanker pada diri kita. Terlebih saat ini penyakit kanker sudah banyak menyebar di hampir semua lapisan dan status masyarakat.

Penyakit kanker menyerang pada hampir semua tingkatan umur dan usia tidak pandang bulu apa apakah anak-anak, remaja, maupun dewasa dan kakek nenek. Hampir tidak ada tingkatan usia yang aman dari serangan penyakit kanker. Oleh karena itulah kita musti lebih ekstra hati-hati dengan penyakit yang sangat mematikan ini.Pada dasarnya penyebab munculnya berbagai jenis penyakit kanker adalah sama yaitu faktor genetik (keturunan) dan linkungan. Dibawah ini kita akan mengulas kedua penyebab penyakit kanker tersebut secara lebih rinci.

Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kanker

A. Faktor Genetik atau Keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Untuk faktor yang pertama ini memang sangat sulit untuk diatasi. Yang bisa dilakukan adalah mengendalikan faktor kedua yaitu faktor lingkungan. Pada umumnya faktor genetik tidak akan berkembang apabila faktor kedua yaitu faktor lingkungan di tekan seminimal mungkin.

Jadi sekali lagi, untuk mengendalikan faktor genetik atau faktor keturunan adalah dengan mengendalikan faktor lingkungan. Oleh karena itulah, pembahasan untuk faktor genetik tidak kami bahas terlalu panjang. Kami akan mengulas secara agak panjang lebar pada faktor kedua atau faktor lingkungan.

B. Fakor Lingkungan
Faktor lingkungan diyakini menyumbang 90-95% dari keseluruhan penyebab penyakit kanker. Sisanya sekitar 5-10% disebabkan faktro genetik atau keturunan. Melihat persentase perkiraan penyebab kanker ini , maka untuk untuk mecegah dan mengatasi penyakit kanker benar-benar sangat ditentukan oleh seberapa besar dalam mengendalaikan faktor lingkungan. Untuk faktor lingkungan yang sangat berberan dalam kaitannya penyebaran kanker meliputi beberapa hal di antaranya:
  1. Gaya Hidup
    Gaya hidup yang dimaksud di sini adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis, perasa, pewarna, dan pengawet buatan. dan juga minuman alkohol. Disamping itu perilaku seksual bebas dan berhubungan intim di usia dini serta sering berganti-ganti pasangan juga tidak kalah besarnya sebagai faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit kanker. Sebagai contoh, kanker serviks, kanker ini seringnya disebabkan oleh hubungan seks bebas dengan terjadinya virus penyebab kanker serviks.Adapun merokok jugan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk seseorang terjangkit penyakit kanker. Bahkan berdasarkan banyak penelitian, rokok di tengarahi (diyakini) menyumbang 25-30 % dalam penyebaran kanker di dunia dan menyumbang 90% dalam penyebaran kanker paru-paru.Itulah gambaran gaya hidup tidak sehat. Merokok, minuman beralkohol, dan gaya seks bebas dan berganti-ganti pasangan merupakan gaya hidup tidak sehat yang banyak dilakukan oleh masyarakat modern saat ini. Sekarang pilihan ada pada kita. Mau hidup sehat di masa tua atau hidup dengan penuh penderitaan karena di dera berbagai penyakit? Semua pilihan ada pada kita.
  2. Makanan
    Pada ulasan gaya hidup tidak sehat di atas sudah kita singgung sedikit pengaruh makanan tidak sehat pada faktor resiko seseorang terserang penyakit kanker. Memang tidak dipungkiri, saat ini kita hidup pada zaman yang banyak menuntut kita untuk bergerak, bertindak, bekerja serba cepat. Efeknya, akhirnya seseorang banyak terjatuh pada hal-hal yang ingin serba cepat dan instant.Dalam hal makanan misalnya, masyarakat kita sudah terbiasa untuk mengkonsumi makanan yang serba cepat dan instan tanpa mereka memikirkan berbagai efek yang akan ditimbulkan oleh makanan yang masuk ke tubuh mereka. Makanan-makanan yang banyak tersajikan dalam bentuk instan kecenderungannya atau kebanyakannya banyak mengandung zat berbahaya untuk kesehatan. Bahkan banyak sekali jenis sajian instan yang bisa menyebakan penyakit berat seperti penyakit jantung, kolesterol, asam urat, dan penyakit kanker.Ulasan tentang berbagai makanan yang bisa menyebabkan penyakit kanker insya Allah akan kami bahas pada artikel dan kesempatan lain. Silahkan Anda ikuti terus sajian-sajian artikel kami yang lain.
  3. Virus dan Bakteri
    Beberapa penyakit kanker terjangkit karana infeksi virus atau bakteri. Bahkan virus diyakini berperan hingga 20% terhadap terjangkitnya kanker pada manusia di seluruh dunia. Misalanya virus papilloma pada kanker serviks, virus polioma pada tumor otak, virus hepatitis B dan C pada kanker hati dan lain sebagainya.
  4. Polusi dan Radikal Bebas
    Radikal bebas adalah suatu atom atau gugus atom dari suatu melekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan pada lingkaran atau orbit luarnya sehingga melekul tersebut menjadi tidak stabil. Radikal bebas memang sering disebut-sebut sebagai salah satu pemicu kanker.Radikal bebas terbentuk ketika terjadi proses oksidasi dan ia berusaha mencari pasangan dengan menempel pada sel yang berpasangan. “Yang menjadi persoalan adalah kadang-kadang elektron yang ingin ia ambil berasal dari sel yang sehat dalam tubuh sehingga menjadi rusak, ” demikian penjelasan Anne Chapas, asisten profesor bidang dermatologi dari New York University School of Medicene.Ada banyak radikal bebas yang sering masuk ke tubuh kita seperti polusi, asam rokok dan sinar ultraviolet A dan B. Salah satu efek yang cukup menakut dari radikal bebas adalah bisa memicu penyakit jantung, paru dan beberapa jenis penyakit kanker. Ulasan lengkap tentang radikal bebas dan  pengaruhnya terhadap kesehatan insya Allah akan kita bahas pada artikel lain pada kesempatan lain.
  5. Ketidakseimbangan hormonal
    Terjadinya kelebihan hormon estrogen akan merangsang pertumbuhan sel yang cenderung meningkatkan terjadinya sel kanker. Sedangkan hormon progesteron malah sebaliknya yaitu melindungan dan memperlambat terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan.Adanya kelebihan hormon estrogen dan kekurangan hormon progesteron bisa memicu dan merangsang meningkatnya resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat dan kanker buah zakar atau skrotum pada pria.
  6. Kejiwaan dan emosional
    Kondisi stres berat dan keadaan tegang dalam secara terus menerus dalam jangka panjang berdasarkan beberapa penelitian para pakar, juga bisa mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah menjadi ganas sehingga rentan menjadi sel kanker.
  7. Gelombang elektromagnetik dan radiasi
    Sumber-sumber radiasi ionisasi, seperti gas radon, bisa menyebabkan kanker. Keterpaparan terus-menerus terhadap radiasi ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan melanoma dan beberapa penyakit kulit yang berbahaya. Diperkirakan 2% dari penyakit kanker di masa yang akan datang dikarenakan CT Scan di saat ini. Radiasi dari frekuensi radio tak berion dari telepon seluler dan sumber-sumber radio frekuensi yang serupa juga dianggap sebagai penyebab kanker, tetapi saat ini sangat sedikit bukti kuat yang mendukung keterkaitan ini.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Kanker

Pada dasarnya faktor resiko penyebab penyakit kanker adalah sama untuk hampir semua jenis penyakit kanker. Faktor resiko kanker atau faktor resiko penyakit kanker dibagi menjadi 2 kelompok utama yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Bagi Anda yang ingin mengetahu secara lebih detail akan faktor resiko penyebab kanker atau berbagai penyebab penyakit kanker silahkan Anda klik pada gambar di samping ini kiri ini. Anda akan di arahkan kepada artikel yang akan membahas penyebab penyakit kanker secara agak mendetail dan mendalam.

Namun pada halaman ini kita akan mengulas secara riskas beberapa faktor dan keaadan untuk seseorang lebih berpotensi untuk dia terserang penyakit kanker. Pengetahuan akan berbagai resiko penyakit kanker sangat penting dan sangat bermanfaat. Dengan mengetahui berbagai faktor resiko kanker insya Allah kita akan lebih waspada dan mawas diri untuk tidak terserang penyakit yang sangaat mematikan ini

Kita kenalkan 4 faktor resiko penyakit kanker di bawah ini.

  1. Usia di atas 55 tahun
    Semakin kita berusia tua, semakin besar peluang untuk kita terserang penyakit kanker. Lebih dari separuh penyakit kanker umumnya menyerang para usia lanjut di atas 60 tahun. Namun demikian kita tidak terlalu risau karena terjangkitnya penyakit kanker pada seseorang juga sagat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang lian. Ketika faktor resiko yang lain tidak mendukung, insya Allah kita akan terbebaskan dari penyakit kanker. Gaya hidup tidak sehat pada usia mudah sangat menunjuang untuk seseorang terserang penyakit kanker pada usia tuanya.
  2. Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas
    BMI Anda lebih dari 30 maka berarti Anda termasuk terkatagori sebagai penderita obesitas. Berhati-hatilah ! Obesitas termasuk faktor resiko untuk seseorang rentan terserang penyakit kanker dengan berbagai jenisnya. Terutama kanker kolon, payudara, endometrium (lapisan rahim), ginjal dan kanker esofagus.Apabila Anda saat ini termasuk orang yang obesitas, maka segeralah untuk menurunkan berat badan Anda dan jangan Anda tunda.
  3. Merokok
    Anda perokok ? Segera hentikan kebiasan tidak sehat ini. Sayangilah tubuh Anda. Dengan Anda merokok, Anda telah berbuat tidak adil pada tubuh Anda. Sekali lagi sayangilah tubuh Anda. Rokok mengandung hampir 4000 bahan kimia berbahaya untuk untuk kesehatan. Dengan menghisap sebatang rokok tiap hari, Anda telah menimbun berbagai bahan kimia berbahaya dalam tubuh Anda dan dalam jangka panjang, Anda dalam resiko yang tinggi untuk terserang berbagai penyakit berat terutama penyakit kanker.Anda tidak percaya ?! Sekali lagi sayangilah tubuh dan kesehatan Anda. Janganlah Anda termasuk orang yang terlambat dalam mempercayai bahwa rokok sangat berbahaya. Sayang sekali kalau Anda percaya setelah Anda terjangkit berbagai penyakit berat dengan sebab sebatang rokok yang Anda habiskan tiap hari.Namun, perlu Anda ketahui bahwa merokok dapat memicu perkembangan berbagai kanker , yaitu kanker paru, kanker rongga mulut, pangkal tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, lambung, ginjal, leher rahim, dan pankreas. Asap rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia. Lebih dari 40 di antaranya adalah zat pemicu kanker (karsinogen).
  4. Faktor Genetik Atau Keturunan
    Faktor keturungan atau genetik termasuk faktor resiko yang sangat sulit diatasi. Apabila sebuah keluaga mewarisi gen yang berpotensi untuk menjadi sel kanker, maka kecenderungan keluarga tersebut memiliki resiko lebih tinggi untuk tererang penyakit kanker dibanding dengan keluarga yang tidak mewarisi gen cacat. Namun dalam banyak penelitian bahwa faktor genetik ini tidak akan banyak berpengaruh apabila faktor lingkungan bisa dikendalikan.Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa faktor genetik hanya menyumbah  tidak lebih dari 5-10 % dari faktor resiko kanker selebihnya sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Oleh karena itulah apabila seseorang telah mewarisi gen cacat, maka jangan terlalu panik. Insya Allah mereka mereka masih bisa terselamatkan dari serangan kanker selama mereka bisa mengendalikan berbagai faktor lingkuangan.
  5. Faktor Resiko Hormonal
    Hormon estrogen bisa bertindak sebagai pemicu dan perangsang (promotor) bagi kanker tertentu seperti kanker payudara dan kanker endometrium. Pada wanita yang mengalami menstruasi dini cenderung memiliki kadar estrogen lebih tinggi sehingga resiko terbentuknya kanker payudara meningkat. Demikian wanita yang mengalami menopause lambat, cenderung memilik kadar estrogen lebih tinggi sehingga resiko untuk terserang kanker payudara lebih tinggi ketimbang yang mengalami menopause normal.

Mengenal Gejala Penyakit Kanker

Gejala kanker secara umum memang sangat dipengaruhi oleh jenis kanker dan letak dari kanker tersebut bersarang dalam tubuh seseorang. Namun secara umum gejala penyakit kanker dapat dijelaskan seperti di bawah ini. Kenalilah pada diri Anda gejala-gejala di berikut init:

  • Nyeri yang sangat dan tidak biasa pada daerah tertentu dan berlangsung lama
    Hal ini disebabkan oleh tekanan tumor atau kanker pada syaraf dan pembuluh di sekitarnya. Rasa nyeri yang berlangsung lama dan terus-menerus bisa sebagai indikasi akan gejala dan tanda kanker. Terlebih lagi, nyeri ini bukan disebabkan oleh luka atau sakit yang pernah dirasakan sebelumnya.
  • Pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar
    Misalnya, ludah, batuk atau muntah yang berdarah, air susu yang mengadung darah, mimisan banyak dan terus-menerus, cairan vagina berdarah diluar menstruasi, sering ada darah dalam tinja dan air seni.
    Kapanpun Anda menemui gejala-gejala ini, maka segeralah Anda periksakan diri ke dokter yang berpengalaman. Janngan Anda tunda-tunda lagi
  • Adanya perubahan kebiasan dalam hal buang air besar
    Perubahan bisa ditandai dengan buar air besar terus-menerus (diare) atau sulit buang air besar dalam waktu agak lama
  • Berat badan turun secara drastis atau cepat
    Penurunan berat badan yang drastis ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak kita kehendaki atau tanpa adanya upaya tersendiri. Hal ini diakibatkan oleh adanya penurunan lemak atau protein secara sporadis
  • Adanya benjolan pada payudara
    Sering-seringlah ada meraba-meraba sendiri payudara Anda. Apabila terasa ada benjolan meskipun kecil di balik kulit, maka segeralah periksakan diri Anda.
  • Gangguan pada pencernaan
    Anda sukar menelan dalam waktu yang lama dan terjadi secara terus menerus, maka Anda perlu waspada. Keadaan itu bisa jadi sebagai indikasi adanya gejala kanker pada esofagus, tenggorokan atau perut
  • Perubahan pada tahi lalat yang mencolok
    Tahi lalat pada kulit tahu-tahu semakin membesar dan mencolok sehingga menyerupai kutil serta disertai rasa sakit, itu bisa jadi sebagai salah satu gejala pada kanke kulit. Terlebih apabila perubahan itu disertai juga dengan pigmen kulit memerah dan mengulupas.
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh
    Batuk yang terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama perlu mendapat perhatian lebih dan serius karena bisa jadi itu adalah gejala kanker paru-paru
  • Lelah yang berlebihan
    Anda sering gampang lelah secara berlebihan dan tidak bisa teratasi dengan Anda istirahat ? Segera periksakan dir Anda ke dokter yang berpengalaman. Bisa jadi kondisi ini timbul karena lagi ada perkembangan kanker dalam tubuh Anda

Itulah beberapa gejal kanker atau penyakit kanker yang perlua Anda waspadai. Jangan Anda menganggap remah jika Anda mendapati salah satu atau lebih gejala di atas. Segera periksakan gejala tersebut ke dokter yang berpengalaman. Anda jangan terlalu khawatir dan takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Keengganan Anda untuk memeriksakan diri bisa berakibat fatal.

Macam-Macam Penyakit Kanker

Macam-macam kanker diantaranya adalah:
  1. Kanker Serviks
  2. Kanker Otak
  3. Kanker Hati
  4. Kanker Ovarium
  5. Kanker Pankreas
  6. Kanker Oral
  7. Kanker Kelenjar
  8. Kanker Kolokteral
  9. Kanker Mata
  10. Kanker Adrenal
  11. Kanker Lidah
  12. Kanker Payudara
  13. Kanker Prostat
  14. Kanker Kulit
  15. Kanker Lambung
  16. Kanker Usus Besar
  17. Kanker Saluran Empedu
  18. Kanker Kandung Kemih
  19. Kanker Anal
  20. Kanker Endometrium
  21. Kanker Usus 12 jari
  22. Kanker Leukemia
  23. Kanker Paru-Paru
  24. Kanker Osteosarcoma
  25. Kanker Limfoma
  26. Kanker Penis
  27. Kanker Neosafaring
  28. Kanker Vagina
  29. Kangker Laring
  30. Kangker Ginjal
  31. Kanker Myeloma
  32. Kanker Testis

Tips Ampuh Mencegah Penyakit Kanker Dan Tumor

Mencegah penyakit kanker dan tumor insya Allah tidak sulit. Kita tinggal serius dan sungguh-sungguh. Penyakit kanker bukanlah penyakit yang sulit dicegah dan diobati asal dilakukan sejak sedari dini dan bekesinambungan. Sebenarnya ini berlaku pada hampir semua jenis penyakit. Pencegahan bisa dilakukan sebelum kita terserang penyakit. Orang bijak bilang: “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”.

Semboyan “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati” sangat tepat untuk kita seriusi dalam kaitannya menghindari penyakit kanker yang sangat mematikan ini. Mencegah kanker memang tidak bisa ditawar lagi kalau melihat begitu menderitanya orang yang pernah terserang penyakit kanker.
Kalau pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang penyebab kanker dan gejala kanker, maka pada artikel kali ini kita akan mengulas dan membahas beberapa tips ampuh dalam mencegah kanker menghampiri kita. Diantaranya:
  • Mengatur Pola Makan Sehat
    Pola makan yang baik dan sehat insya Allah sangat membantu dalam hal kita manjauhkan diri dari penyakit kanker. Tidak sedikit penyakit kanker menyerang seseorang lantaran dia sembrono dalam pola hidup dan pola makannya. Apa yang dia konsumsi tidak sesuai dengan apa yang diperlukan tubuh, lebih-lebih ketika apa yang dia makan ternyata banyak mengandung bahan atau zat pemicu kanker. Para pakar bilang: “Konsumsilah kalori seperlunya untuk tubuh”.
  • Kendalikan Emosi Dan Jauhkan Dari Setres Yang Berkepanjangan
    Emosi ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keseimbangan kerja berbagai sestem dalam tubuh. Emosi yang tidak terkendali lebih disertai stres yang berkepanjangan bisa merusak berbagai keseimbangan dalam tubuh. Emosi tidak terkendali stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit baik berat maupun ringan. Sel-sel tubuh seseorang cenderung liar pada orang-orang suka marah dan emosi tidak terkendali lebih-lebih setelah ditambah dengan stres yang sering dan berkepanjangan.
  • Hindari Kegemukan atau Obesitas
    Sebenarnya ini masih terkait dengan pola makan. Kesalahan dalam pola makan terutama kesalahan dalam hal konsumsi kalori berlebih bisa memicu tubuh untuk jadi gemuk. Tidak sedikit para pakar kesehatan yang menegaskan bahwa kekemukan termasuk salah satu pemicu munculnya penyakit kanker dalam tubuh. Selain kanker, kegemukan juga bisa memicu penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya.
  • Banyak Melakukan Kegiatan Fisik
    Jangan malas untuk banyak bergerak. Tubuh yang terlalu lama diam (kurang gerakan) bisa memicu penyakit kanker. Banyak kegiatan yang bisa meningkatkan gerak fisik kita seperti olah raga, jalan kaki, bersih-bersih rumah sendiri dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin dan teratur, insya Allah kita akan bisa lebih terjauhkan dari penyakit kanker.
  • Sering-Seringlah Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
    Makan buah dan sayur di pagi hari, siang hari dan sore hari insya Allah sangat membantu seseorang untuk bisa terhindar dari penyakit kanker. Minimal kita mengkonsumsi dua jenis sayur dan buah dalam sehari. Buah dan sayur kaya akan vitamin, anti oksidan dan serat yang sangat bagus untuk kesehatan.
  • Konsumsilah Bahan-Bahan Herbal Anti Kanker
    Mengkonsumsi bahan-bahan herbal anti kanker seperti daun sirsak, kulit manggis dan lain sebagainya memang tidak harus menunggu kita dalam keadaan terserang kanker. Hendaknya kita sesekali atau bahkan agak rutin untuk mengkonsumi bahan-bahan herbal yang berkhasiat anti kanker. Hal ini berbeda dengan obat-obat kimia. Jangan sampai kita mengkonsumsi obat kimia kalau kita tidak sakit. Bahkan dalam keadaan sakit sekalipun sebisa mungkin untuk kita tidak mengkonsumsi obat-obat kimia apabila masih memungkinkan untuk diterapi secara alami. Obat kimia hendaknya dijadikan alternatif paling akhir untuk mengatasi penyakit yang kita derita apabila secara alami sudah tidak ada jalan keluarnya..
  • Konsumsi Seminimal Mungkin Makanan Olahan Siap Saji dan Berlemak
    Makanan olahan siap saji kebanyakannya banyak mengandung zat-zat karsinogen pemicu kanker seperti perasa, pengawet dan pewarna buatan. Konsumsilah makanan yang low fat. Makanan berlemak dapat memicu obesitas dengan cepat.
  • Hindari Makanan Yang Dibakar Dan Diasap
    Makanan yang diasap dan dibakar bisa menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Hindarilah !
  • Jauhilah Minuman Beralkohol
    Minuman beralkohol memang mengandung manfaat tapi tidak sebanding dengan mudhorot atau efek sampingnya. Oleh karena itulah kebanyakannya agama melarang dari minuman beralkohol. Lebih jauh ternyata alkohol juga bisa besifat karsinogen atau memicu kanker.
  • Jangan Sentuh Rokok
    Jangan sentuh rokok yang dimaksud adalah janganlah Anda merokok. Dalam sebatang rokok terdapat ribuan zat beracun dan pemicu kanker.
  • Sering-Seringlah Cek Berat Tubuh
    Ini dalam rangka mengontrol berat tubuh dan mengukur seberapa berhasil program diet kita.
  • Lakukan Seks Sehat Dan Halal
    Seks bebas dengan sering berganti-ganti pasangan selain dilarang oleh hampir semua agama, juga diyakini bisa memicu timbulnya berbagai penyakib berat. Tidak terkecuali penyakit kanker. Banyak kasus kanker setelah diteliti ternyata disebabkan oleh perilaku seks yang tidak sehat.

Cara mencegah Penyakit Kanker Secara Alami

Cara mencegah penyakit kanker secara alami adalah cara terbaik dalam mencegah dan menghindarkan diri dari penyakit yang mematikan ini. Hal ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Cara mencegah kanker secara alami sangat mudah dan insya Allah bisa dilakukan oleh semua orang.

Mencegah kanker dengan pola hidup dan pola makan yang baik itulah yang terbaik untuk dilakukan oleh setiap orang yang ingin terbebas dari penyakit kanker. Perlu kita ketahui oleh kita semua bahwa penyakit kanker kebanyakannya disebabkan oleh faktor dari luar yang sangat berkaitan erat dengan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dan tidak baik. Sebenarnya keadaan ini hampir berlaku pada semua jenis penyakit seperti penyakit asam urat, diabetes melitus, jantung koroner dan bahkan penyakit jerawat.
Adapun faktor genetik untuk seseorang punya kesempatan terserang penyakit kanker, kontribusinya sangatlah sedikit. Banyak disimpulkan oleh para pakar kesehatan bahwa faktro gentik kontribusinya tidak lebih dari 5-10% dari keseluruhan faktor penyebab penyakit kanker. Bahkan faktor genetik bisa jadi tidak memberikan pengaruh apa-apa apabila faktor dari luar bisa dikendalikan. Itulah pentingnya menjaga dan memperbaiki pola hidup dan pola makan agar bisa terhindar dari penyakit kanker.

Bongkar 4 mitos seputar kanker !

Kanker adalah pembunuh global yang telah mengambil nyawa 7,6 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Sekitar empat juta kematian terjadi pada orang berusia 30 – 69 tahun, berdasarkan Union for International Cancer Control (UICC) dan International Agency for Research on Cancer (IARC).

Meski kanker telah banyak menjangkiti manusia, namun ternyata tak sedikit orang yang masih mempercayai beberapa mitos terkait kanker. Hari Kanker International yang diperingati 4 Februari 2013 kemarin membuat para aktivis kanker membuat kampanye yang bertujuan membongkar mitos kanker. Apa saja, ini dia seperti dilansir oleh CBS News (04/02).

1. Kanker hanya masalah kesehatan
Kanker sebenarnya tak berhenti dalam masalah kesehatan. Kanker terjadi disebabkan adanya faktor lain seperti sosial dan ekonomi. Tak hanya itu, kanker juga membuat keluarga mengalami masalah ekonomi, karena pasien yang tak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya dan keluarga yang harus mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan. Tak hanya itu, banyak kasus kanker yang terjadi akibat kurangnya pendidikan kesehatan serta akses terhadap pelayanan kesehatan.

2. Kanker hanya terjadi pada orang kaya, tua, dan berada di negara berkembang
Ini tidak benar, berdasarkan data yang ada, 55 persen kematian akibat kanker terjadi pada daerah yang kurang berkembang di dunia. Selain itu, sekitar 65 persen kanker menjangkiti orang yang berusia di bawah 65 tahun bahkan ada yang terjadi pada anak-anak berusia lima hingga 14 tahun.

3. Kematian adalah hal pasti jika terkena kanker
Kebanyakan pasien kanker berpendapat bahwa mereka pasti mati akibat kanker. Padahal kenyataannya tak semua pasien kanker akan mati karena kanker. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sekitar 13.000 kematian akibat kanker per tahun sebenarnya bisa dicegah. Saat ini perawatan kanker sudah semakin maju dan ada cara-cara yang bisa dilakukan pasien untuk mencegah kematian akibat kanker.

4. Kanker adalah takdir
Memiliki kanker bukanlah takdir yang tiba-tiba saja terjadi pada seseorang. Kanker bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari gaya hidup, keturunan, genetik, atau makanan yang dikonsumsi. Selain itu, terdapat banyak cara untuk mencegah kanker. Misalkan melakukan olahraga secara rutin, melakukan diet, menjaga kesehatan tubuh, rajin memeriksakan diri, dan lainnya.

 

Manfaat Stroberi sebagai Obat Kanker

Stroberi adalah buah yang mempunyai rasa masam dan manis jka dikonsumsi. Buah Stroberi mempunyai warna yang sangat cerah merah merona. Rasanya yang sangat unik membuat buah yang satu ni banyak digemari oleh berbagai kalangan. Buah stroberi mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah stroberi bisa dijadikan obat alternatif dalam menyembuhkan penyakit kanker. jumlah aktioksidan yang di kandung buah stroberi mencatat skor tertinggi. Dimana antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker. Cara bekerja antioksidan adalah dengan mencegah atau mengganggu yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker.
Baik zat-zat tertentu dalam stroberi maupun stroberinya sendiri ternyata punya sifat anti kanker. Dalam suatu percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellagik yang ada dalam stroberi bisa menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, dan  kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia. Dalam percobaan dengan sel kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Kuercetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.

Obat Herbal – Jahe untuk terapi kanker

JAHE adalah tanaman berkhasiat obat atau biasa kita sebut obat herbal yang dapat digunakan untuk membunuh sel kanker ovarium sementara komponen yang terdapat pada cabai diduga dapat mengecilkan atau menyusutkan tumor pankreas. Demikian kata Dr. Rebecca Liu, asisten profesor pada bidang obstetri and ginekologi di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center, AS, dan timnya, yang melakukan tes terhadap bubuk jahe yang dilarutkan dan diberikan pada kultur sel kanker ovarium.
Hasil studi itu menyebutkan bahwa terdapat bukti berbagai makanan pedas atau panas bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker. Studi itu meneliti efektivitas jahe terhadap sel penderita kanker. Meskipun demikian, studi ini masih merupakan langkah pertama.

Dikatakan, jahe dapat membunuh sel kanker dengan dua jalan, yaitu proses penghancuran yang dinamakan apoptosis dan autophagy, proses pemakanan sel. Hal ini diuraikan para ahli dalam pertemuan American Association for Cancer Research.

Menurut Dr. Rebecca, banyak penderita kanker yang mengalami resistensi terhadap kemoterapi standar, di mana tindakan kemoterapi merupakan proses apoptosis. Sementara jahe yang memiliki kemampuan memakan sel (autophagy) dapat membantu mereka yang mengalami resistensi terhadap kemoterapi.

American Cancer Society melaporkan kanker ovarium membunuh 16.000 dari 22.000 wanita AS. Jahe terbukti dapat mengontrol keadaan inflamasi, yang berhubungan dengan perkembangan sel kanker ovarium.

Dalam penelitian lain menggunakan tikus yang diberikan capsaicin (salah satu kandungan pada cabai), Sanjay Srivastava dari Universitas Pittsburgh School of Medicine, AS, mendapati bahwa capsaicin ternyata dapat mematikan sel kanker pankreas. Capsaicin membuat sel-sel kanker mati dan memiliki kemampuan memperkecil ukuran tumor.

Daun Kemangi Untuk Obat Kanker

Daun-daunan berikutnya yang akan saya bahas manfaat kandungan didalamnya adalah Daun kemangi. Bagi orang sunda, mungkin sudah tak asing lagi dengan daun kemangi, karena bagi orang sunda yang identik dengna lalapan dan sambal, pasti ada daun kemangi di setiap lalapan yang akan di santapnya. Nah, daun kemangi juga populer di area jawa. Karena daun kemangi cocok sebagai pendamping alalpan dan sambal untuk hidangan. Ternyata, banyak sekali kandungan manfaat yang ada dalam daun kemangi. Daun kemangi dipercaya oleh beberapa peniliti bisa berperan dalam mencegah penyaki kanker pada manusia dan bis digunakan sebagai obat herbal. .
Selain untuk keperluan kuliner, daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Ia mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain. Beberapa macam kegunaannya:
1. Mengobati panu
Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.
2. Mengobati diare dan muntah
Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.
3. Mengobati sariawan
50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
4. Menghilangkan bau nafas / bau mulut
Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
5. Mengurangi bau keringat
Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.

 

OBAT HERBAL KANKER

Bahan-bahan:
5 lembar daun sirsak segar

2 x 3 cm kulit batang pohon sirsak

Cara mengolah:

Rebus semua bahan dengan 2 gelas air bening sampai airnya tinggal 1 gelas.
Setelah dingin, saring agar yang diminum hanya airnya saja.

Cara mengkonsumsi:

Minum obat/ramuan herbal kanker ini sehari sekali (cukup 1 gelas) hingga sehat, insya Allah.

 

 

 

Sumber:

http://www.serojamedia.com

http://www.merdeka.com/sehat/bongkar-4-mitos-seputar-kanker.html
http://i-herbal.blogspot.com

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

One comment on “Penyakit Kanker

  1. Assalamu alkm…. Teman2 yg punya penyakit tumor maupun kanker, sy sarankan. Berobat ke Pak Yanto di Gorontalo. Sy skrng mash minum ramuan beliau karena tumor sy sudh pecah. Pecah pun karena ramuan beliau. Kalau masalah biaya, tidak ada tarif khusus. Sesuai keikhlasan pasien. Sudh banyak yg dari luar daerah, semarang, bali dll. Lebih detail lg tentang alamat, hubungi saya : 085240938780 dn tempat prakteknya : 085240444717

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: