3 Comments

Obat Alami Angin Duduk

Image

Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemik didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam iokardium. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun (adanya aterosklerosis koroner atau apsme arteria koroner) atau kebutuhan oksigen yang meningkat. Sebagai manifestasi keadaan tersebut akan timbul Angina pektoris yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi infark miokard. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

 

Secara umum, jantung dapat mengalami kegagalan fungsi karena kurangnya oksigen. Umumnya hal tersebut disebabkan karena dua hal. Yang pertama adalah penyempitan pembuluh jantung atau arteri koroner yang menyebabkan suplai darah menjadi berkurang ke sel-sel jantung. Yang kedua adalah lonjakan pemakaian oksigen yang besar pada jantung akibat aktivitas yang berlebihan secara tiba-tiba. Aktivitas itu antara lain saat anda berolahraga tanpa pemanasan, mendaki gunung dan berada di iklim yang tiba-tiba dingin, atau memelihara perasaan stress. Angin duduk termasuk penyakit sangat berbahaya, hanya dalam waktu 15 menit sampai 30 menit orang yang terserang penyakit angin duduk bisa meninggal. Oleh karena itu kita harus waspada dengan penyakit angin duduk, karena pada awalnya penderita akan terlihat sehat-sehat. Serangan angin duduk selalu datang secara tiba-tiba dan penderita akan meninggal paling lama 15-30 menit setelah merasakan rasa nyeri di dada.

 

 GEJALA

Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:
1. Rasa ditekan
2. Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
3. Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

 

 PENYEBAB PENYEMPITAN:

 1. Adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
2. Sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
3. Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
4. Infeksi pada pembuluh darah. Penyempitan itu, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung.

Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) atau infark miokard.

Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

 

PENCEGAHAN

Umumnya Angina ringan ditandai dengan tekanan di dada, sesak nafas atau tersenggal dan kelelahan. Jika mengalami nyeri pada jantung, jangan menunda untuk mengunjungi dokter. Deteksi dini terhadap penyakit jantung dapat mengurangi resiko serangan jantung di kemudian hari. Walaupun tidak ada jaminan seratus persen penyakit jantung dapat dihindari, setidaknya perawatan akan mengurangi resiko serangan jantung dalam waktu dekat. Selain itu untuk menghindari penyakit seperti ini, anda dapat melakukan pencegahan dengan memperhatikan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol. Ketiga hal tersebut dapat mengganggu kinerja jantung, membuatnya bekerja semakin berat dan tidak normal.

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, untuk mencegah Angina anda diharuskan memiliki pola hidup yang sehat. Merokok, tidak pernah berolahraga, makanan kolesterol tinggi, obesitas dan stress adalah suatu hal yang wajib dihindari. Angina merupakan suatu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan jantung anda dan kita diharuskan mengubah kebiasaan hidup kita menjadi lebih sehat. Olahraga teratur dengan intensitas ringan hingga sedang dan menghindari stress adalah hal terbaik dan termurah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung khususnya dan penyakit lainnya pada umumnya.

 

PENGOBATAN MEDIS

Solusi untuk menangani angin duduk yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak seimbangan suplai oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis. Oleh karena itu disarankan untuk selalu membawa obat anti platelet. Obat anti platelet banyak didapatkan di apotek, ini berguna sebagai pertolongan pertama jika terjadi rasa sakit atau nyeri di dada yang berguna melonggarkan kembali pembuluh darah yg tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

Jika terjadi rasa nyeri di dada secara mendadak, sebaiknya tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk berhubungan sama istri. Segeralah untuk pergi kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan dibiarkan sampai melewati batas 15 menit.

Bisa juga sedia pil Cedocard, murah harganya, sediakan sekitar 2-6 butir, selipkan di dompet, dibawa kemana pun pergi. Cara pake nya jangan ditelan, tapi dimasuk kan ke bawah lidah, dibiarkan mencair dibawah lidah. Cara kerjanya: Pil cedocard akan mencair jadi larutan yg mudah diserap pembuluh darah dibawah lidah, berfungsi menimbulkan pelebaran pembuluh darah di kepala, terutama kearah otak, sehingga otak tetap mendapat supply darah dan oksigen yg cukup, jika jantung mengalami gangguan. Sementara itu selekasnya penderita di bawa ke RS Gawat Darurat utk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner (angin duduk), pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. “Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormon adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi”

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan. Pasalnya, saat marah-marah (Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang samapi tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah, bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa meregang nyawa.

 

OBAT ALAMI PENCEGAH ANGIN DUDUK

1. Delima
Buah maupun jus delima efektif mencegah serangan jantung karena mengurangi inflamasi. Kandungan vitamin C pada buah delima sebaiknya Anda jadikan konsumsi harian agar darah mengalir dengan lancar dan menurunkan tekanan darah.

2. Bawang putih
Dokter umumnya menyarankan penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung mengonsumsi bawang putih. Selain berkhasiat menyeimbangkan gula darah, bawang putih juga ampuh melancarkan sirkulasi darah dan mencegah serangan penyakit jantung.

3. Jagung manis
Jagung manis mengandung kromium, mineral yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, jagung juga mengandung folat (vitamin B9) yang berfungsi melindungi jantung dari stroke dan penyumpatan pembuluh darah.

4. Kiwi
Khasiat kiwi bagi jantung jika dikonsumsi setiap hari akan menjaganya agar tetap sehat. Kandungan serat dan antioksidan pada kiwi juga menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, kiwi mengandung kalium, magnesium, dan tembaga yang menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

5. Buah Berry
Hampir semua orang tahu polyphenol pada buah berry mampu melindungi jantung. Buah berry juga mengandung antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

7. Jeruk
Buah jeruk banyak mengandung hesperidin, vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel (dinding pembuluh darah).

8. Anggur
Anggur terutama anggur merah dan ungu banyak mengandung flavonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

9. Apel
Apel banyak mengandung fitonutrien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL).

10. Alpukat
Kandungan terbaik alpukat adalah kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol.

11. Strawberry
Strawberrry kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri.

12. Blewah
Blewah banyak mengandung beta-karoten, vitamin C dan vitamin B kompleks yang bertindak sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah), serta mencegah atherosclerosis (pembentukan plak di dinding arteri) dan tekanan darah tinggi.

13. Lidah buaya
Lidah buaya banyak mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat pembuluh vena dan arteri.

14. Wortel
Kandungan wortel adalah beta-karoten, glutathione (GSH) yang mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah sistolik.

15. Tomat
Tomat banyak mengandung lycopene, phytonutrients (glycoside-esculeoside A), flavonoid (chalconaringenin), 9-oxo-octadecadienoic acid yang menghambat agregasi trombosit, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta juga bertindak sebagai antioksidan.

16. Mentimun
Mentimun mengandung beta-karoten, mangan yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas.

 

RAMUAN PRAKTIS SAAT TERSERANG ANGIN DUDUK

Ambil 3 buah bawang putih tunggal, kemudian diiris-iris, selanjutnya masukkan ke dalam segelas air putih panas, setelah 2- 5 menit air nya diminum.
Perhatian:
Ini dilakukan jika sedang sakit, jangan dilanjutkan terus menerus karena akan berakibat pada berkurangnya darah merah.

 

 

[Dari berbagai sumber]

 

 

About dedimisbahatori

LEMURIAN 3rd Generation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: