Pengaturan Kombinasi dan Pola Makan

Kesalahan Pengaturan Porsi makan.Kombinasi Makan antara Karbohidrat dan Protein dalam satu Porsi. Umpamanya, apakah Anda makan daging bersamaan dengan kentang? Bagaimana dengan keju dan roti, atau susu dengan sereal, atau ikan dengan nasi ? Bahwa kombinasi itu betul-betul merusak sistem Tubuh dan merampas enerji Kita. Makanan bertajin (nasi,roti,kentang,dsb) menuntut media pencernaan alkalin(basa), yang pada mulanya dipasok dalam mulut enzim ptylain. Makanan protein daging,susu,ikan,kacang2an,biji2an,dsb) menuntut media asam untuk pencernaannya.Adalah hukum kimia yg kita pelajari waktu sekolah dulu bahwa dua media yang bertolak belakang(asam dan basa) tidak dapat bekerja bersamaan. Keduanya saling menetralkan satu sama lain. Kalau Anda makan protein dengan tajin, pencernaan Anda akan terganggu atau terhenti total. Makanan yang tidak dicerna menjadi lahan subur bagi bakteri, yang mengfermentasikan dan membusukkannya, menimbulkan gangguan pencernaan dan gas.

Kombinasi makanan yang tidak cocok merampas serta menguras energi Anda, dan apapun yang menghasilkan hilangnya energi berpotensi menghasilkan penyakit. Itu menciptakan asam yang berlebihan, yang membuat darah mengental sehingga lamban beredar ke seluruh sistem, merampas oksigen dari tubuh. Ketika makanan itu tidak cocok kombinasinya, waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya bisa sampai delapan,sepuluh,dua belas, atau empat belas jam, bahkan lebih.Makanya setelah kekeyangan akan terasa ngantuk akibat suplai dara berkurang ke otak.makanlah Karbohidrat terdahulu pilihlah yg karbohidrat yg mudah dicerna seperti : kentang, Pisang Mas dan ubi nasi adalah pilihan terakhir.

Buah-buahan menuntut energi yang paling sedikit untuk dicerna dan memberi tubuh Anda pengembalian terbesar. Salah satunya masalah dengan buah itu adalah bahwa kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara memakan buah.makan buah yg paling baik adalah dengan perut kosong. Mengapa ?buah itu bukanlah untuk dicerna di perut. Buah itu dicerna dalam usus kecil. Buah itu secara alami dirancang untk masuk langsung ke perut dalam beberapa menit dan ke dalam usus, dimana dia melepaskan gulanya. Tetapi apabila ada daging atau kentang atau tajin dalam perut Anda, buahnya akan terperangkap disana dan mulai mengalami fermentasi. Jenis buah terbaik adalah buah segar atau jus buah yang baru saja diperas, organik. Janganlah minum jus langsung dari kaleng ataupun botol. Karena kebanyakan buah itu telah dipanaskan dalam proses penyegelannya dan strukturnya telah menjadi asam.Asam adalah salah satu penyebab bermutasinya sel kita menjadi sel kanker.Buah juga makanan terbaik yang bisa kita makan untuk melindungi diri dari penyakit jantung. Katanya buah itu mengandung sejenis Zat yang menghalangi darah dari mengental dan menyumbat pembuluh arteri.makanya buah sangat dianjurkan ketika sedang diet.

Selain pengaturan pola makan yg perlu diperhatikan adalah Siklus alami Tubuh. Pernah dibahas dalam sebuah jurnal bahwa ditemukan bahwa setiap fungsi tubuh memiliki irama aktivitas biologi yang bekerja secara sistematis dalam siklus atau putaran 24 jam tanpa henti ini bisa kita amati : Proses pencernaan sendiri terdiri dari tiga siklus yang didasarkan pada tiga fungsi tubuh, yaitu menyerap (sari-sari makanan), mencerna (zat-zat makanan), dan membuang (sampah-sampah makanan). Meskipun ketiga fungsi tersebut bekerja aktif secara simultan (terus-menerus), setiap jam tertentu sehari masing-masing lebih intensif dibandingkan siklus-siklus lainnya.

Pukul 12.00 20.00 : PENCERNAAN
Pukul 20.00 04.00 : PENYERAPAN
Pukul 04.00 12.00 : PEMBUANGAN

Siklus pencernaan sangat intensif antara pukul 12.00 (tengah hari) dan pukul 20.00 (8 malam). Pada siklus ini energi tubuh lebih banyak dipusatkan ke fungsi pencernaan. Sepanjang siklus ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi lambung dengan makanan padat. Kalau pada siang hari perut tak terisi, Anda akan merasa sangat lapar.

Siklus penyerapan berlangsung sangat intensif antara pukul 20.00 (8 malam) dan pukul 04.00 (dini hari). Sepanjang siklus ini terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan. Hambatan pada salah satu siklus dapat mengacaukan siklus-siklus berikutnya.Siklus pembuangan sangat intensif terjadi antara pukul 04.00 (tengah hari) dan pukul 12.00 (tengah hari). Pada siklus ini, energi akan lebih banyak dipakai untuk membantu proses pembuangan. Sampah akan lebih banyak dikeluarkan dalam siklus ini. Banyak orang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, tapi tidak menyadari bahwa ini adalah hal sangat alami. Karena tubuh tengah melalui siklus pembuangan. Tubuh tidak terlalu membutuhkan makanan padat (misalnya nasi dan daging) yang sulit dicerna dalam kurun waktu tersebut, malah bisa mengacaukan proses pembuangan. karena kekurangan energi.

Keseimbangan asam-basa Selain kandungan gizi, FC juga memperhatikan sifat asam-basa makanan. Dalam pelajaran kimia dasar di sekolah pun kita diajari bahwa larutan asam (acid) dinetralkan oleh larutan basa (alkali). Demikian pula dalam hal makanan. Ada makanan yang membentuk basa. Jika asam bertemu asam, keseimbangan asam-basa dalam tubuh akan kacau. Keadaan tubuh menjadi terlalu asam. Salah satu gejala yang dirasakan adalah perut kembung, dan diare. Padahal, keseimbangan asam-basa ini perlu dijaga agar fungsi pencernaan berjalan normal. Keseimbangan asam-basa tubuh inilah yang diabaikan selama ini.

Banyak orang, bahkan para ahli gizi sekalipun, masih berasumsi bahwa kecukupan gizi setiap orang hanya bisa terpenuhi apabila mengkonsumsi makanan 4 Sehat dalam waktu bersamaan. Perhatikan bagaimana nasi dan daging selalu dijadikan primadona, sementara sayuran dan buah-buahan hanya dijadikan pengiring (yang bahkan sering tidak termakan karena sudah telanjur kekenyangan). Baik nasi dan daging termasuk makanan pembentuk asam. Bisa dibayangkan betapa kacaunya pencernaan tubuh jika dimakan bersamaan.

Keadaan ideal yang diinginkan adalah apabila keseimbangan asam-basa jaringan tubuh dan darah manusia (kecuali lambung) berada pada pH 7,35 7,45 atau netral cenderung basa. Keseimbangan ini bisa dijaga dengan cara mengkonsumsi lebih banyak makanan buah, sebagian besar sayur-mayur, dan rempah-rempah, karena merupakan makanan pembentuk basa. Selain itu, secara alamiah tubuh mencerna setiap makanan dengan cara yang berbeda dan setiap makanan juga membutuhkan enzim pencernaan yang berbeda pula.

Protein sendiri memerlukan proses pencernaan yang cukup lama, sekitar 4 jam, pati 3 jam, sayur-sayuran 2 jam, dan buah-buahan hanya antara 10 dan 45 menit. Sedangkan lemak atau makanan tinggi lemak butuh waktu cerna paling lama, sekitar 6-8 jam. Karena itu setelah makan makanan tertentu, sebaiknya tunggu dulu sebelum memasukkan makanan jenis lain.

MAKANAN PEMBENTUK ASAM : Serealia/padi-padian ~ Umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, talas, kentang (kecuali kentang rebus yang dimakan bersama kulitnya) ~ Protein hewani ~ Lemak dan minyak ~ Susu (kecuali susu segar yang baru diperah) ~ Tomat yang dimasak ~ Kacang tanah ~ Makanan beragi ~ Cuka sintetis seperti cuka meja ~ Gula pasir ~ Polong-polongan seperti kacang hijau, kacang merah, kedelai ~ Alkohol

MAKANAN PEMBENTUK BASA : Buah matang (walaupun ada rasa asam) ~ Sayuran, termasuk taoge (kecuali tomat yang dimasak) serta sayuran umbi seperti wortel, bit, lobak, radis ~ Kentang rebus yang dimakan bersama kulitnya ~ Plain yoghurt ~ Kacang-kacangan kecuali kacang tanah (seperti kenari, almon, walnut, brazil nut, pecan, pistachio) ~ Madu alam

Tip menjalankan pola makan Kombinasi

  1. Makan buah, satu macam maupun beberapa, tidak dicampur dengan makanan jenis lain. Berilah tenggang waktu 10 15 menit sebelum mengkonsumsi makanan lain.
  2. Makanlah buah atau minum jus buah sedikit-sedikit agar tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula darah secara mendadak.
  3. Ganti camilan Anda dengan buah. Boleh saja mengudap buah sepanjang hari, asal sekitar setengah jam sebelum makan, stop makan buah.
  4. Makanan tinggi protein dan tinggi pati sebaiknya tidak dimakan bersama-sama, tetapi masing-masing dikombinasikan dengan sayuran. Misalnya daging plus sayur, atau nasi plus sayur. Hindari daging plus nasi, apalagi dengan porsi sama banyak.
  5. Jika siang hari sudah makan menu tinggi protein, misalnya kombinasi daging-sayur, malam hari mesti ganti dengan menu pati-sayur. Boleh saja bertukar waktu. Artinya, menu pati-sayur di siang hari, malam hari menu protein-sayur.
  6. Sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari satu macam protein hewani pada saat yang sama. Satu jenis protein hewani sehari sudah mencukupi kebutuhan asam-asam amino. Sedangkan protein nabati boleh lebih dari satu macam, karena kandungan asam amino makanan nabati umumnya kurang lengkap. Makanan pati beberapa macam boleh dimakan bersama-sama. Misalnya nasi plus perkedel jagung.
  7. Masaklah makanan secukupnya, dengan menggunakan bahan makanan yang sesegar dan seutuh mungkin, bukan bahan olahan, instan, atau awetan. Makanan yang berkali-kali dipanaskan akan musnah khasiat gizinya.
  8. Gunakan lemak dan minyak seperlunya saja.
  9. Makanlah seberagam mungkin, baik jenis maupun cara pengolahannya. Selain menghindari bosan, juga agar tubuh tidak kelebihan dosis suatu zat gizi tertentu.
  10. Ikuti pola ini  secara bertahap, agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan nyaman. Anda juga tidak perlu terlalu kaku menerapkannya. Misalkan Anda lalai (makan asal-asalan) di siang hari, bisa ditebus makan yang benar sesuai nanti malam. Yang penting, kebiasaan menyantap berbagai makanan secara bersamaan tidak menjadi rutinitas.

Purwadadi, 1 November 2012

Kang tedi

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 653 other followers

%d bloggers like this: